SOAL SOAL GURU BERPRESTASI KOTA SIBOLGA TAHUN 2014
Berikut adalah 45 Jumlah Soal Guru Beprestasi Kota Sibolga Tahun 2014 dari 90 soal. Dimana dalam kesempatan ini saya hanya membuat soal sebanyak 45 Buah Soal yang terdiri dari Test Kompetensi Kepribadian dan Test Kompetensi Sosial...dan jawaban juga akan kami berikan kepada pembaca sekalian. selamat menikmati
INI DIA KUNCI JAWABANNYA PEMIRSA:
SOAL KEMAMPUAN SOSIAL
SOAL KEMAMPUAN KOMPETENSI GURU
1. Ibu Ita, seorang guru IPS
berpenampilan sangat energik, Ia sedang melakukan Penetian Tindakan Kelas
(PTK). Hampir setiap hari dia sibuk untuk menganalisis hasil pekerjaan siswanya
dan mencoba memberi komentar yang dapat mendorong siswa untuk bekerja lebih
giat. Para siswa ternyata sangat antusias terhadap usaha Ibu Ita. Karena para
siswa merasa pekerjaannya diperiksa dengan cermat, siswapun membuat
pekerjaannya dengan cermat pula. Siswa merasa bahwa ia selalu harus bekerja
cermat sebagaimana Ibu Ita memeriksa pekerjaannya dengan cermat pula. Ilustrasi
di atas menggambarkan manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi siswa, dalam
hal ini
a.
Perilaku guru yang melaksanakan PTK menjadi model bagi siswa
b.
Guru Mendorong siswa untuk memperbaiki hasil belajarnya
c.
Siswa termotivasi oleh cara guru mengajar
d.
Siswa dapat memperbaiki proses dan hasil belajarnya
2. Guru yang tampil melaksanakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) akan merasa lebih percaya diri. Hal itu
disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain sebagai berikut, kecuali ……
a.
Munculnya perasaan lebih mampu dibandingkan teman sejawat yang lain
b.
Berkembangnya kemampuan guru dalam pembelajaran
c.
Tumbuhnya rasa puas terhadap pembelajaran yang dikelola
d.
Munculnya perasaan mampu Memecahkan masalah sendiri
3. Keinginan dan usaha untuk tidak
terlambat datang ke sekolah merupakan ranah:
a. Kompetensi
sosial c.
Kompetensi profesional
b. Kompetensi
kepribadian d. Kompetensi
pedagogic
4.Berikut adalah contoh-contoh
masalah pembelajaran yang mungkin dihadapi guru, kecuali
a. pertanyaan guru sering tidak dijawab oleh siswa
b. perhatian siswa pada pelajaran
kurang
c.
banyak siswa yang belum membayar SPP
d.. hasil ulangan siswa rendah
5. Dalam satu sekolah beberapa orang guru
sebidang bekerja dan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses hasil
pembelajaran. Kegiatan tersebut merupakan usaha guru untuk mengembangkan diri
ranah:
a. Kompetensi sosial dan
pedagogic
b. Kompetensi profesional dan
pedagogic
c.
Kompetensi kepribadian dan profesional
d. Kompetensi kepribadian dan
social
6. Seorang guru yang perokok
membiasakan diri untuk tidak merokok di kelas, di ruang guru, di ruang tatib
sekolah, dan di ruang BK maupun dalam rapat guru. Guru perokok tersebut tengah
mengembangkan diri dalam ranah tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah
a. Kompetensi profesional
c. Kompetensi sosial
b.
Kompetensi kepribadian
d. Kompetensi pedagogic
. Seorang guru mampu Memiliki akhlak
mulia dan menjadi teladan
a. Kompetensi Pedagogik
c. Kompetensi Professional e.
Kompetensi Manajerial
b.
Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
8. Seorang guru mampu Mampu
berkomunikasi dan bergaul efektif dengan peserta didik
a. Kompetensi
Pedagogik c. Kompetensi Professional
e. Kompetensi Manajerial
b.
Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
9. Agar Penetian
Tindakan Kelas (PTK) dapat diterapkan secara melembaga diperlukan berbagai
kondisi atau persyaratan. Kondisi tersebut antara lain sebagai berikut ,
kecuali ……….
a. adanya kebebasan bagi para
guru untuk berinovasi
b.
birokrasi yang ketat
c. dukungan dari semua
personil sekolah
d. ada rasa saling mempercayai
antara personil sekolah termasuk siswa
10. Metode utama dalam
penelitian tindakan kelas disebut sebagai self-reflective inquiry, artinya
metode yang digunakan …….
a. bertumpu pada kemampuan
guru melakukan refleksi
b.
longgar tetapi tetap mengikuti kaidah penelitian
c. hasil observasi/kesan dari guru
d. bervariasi asal sesuai
dengan kaidah penelitian.
11. Dalam Penelitian tindakan kelas,
masalah yang diteliti berasal dari ……
a.
keriasauan guru akan kinerjanya
c. keinginan untuk membantu guru
b. keriasauan pendidik akan
mutu pendidikan d. kepedulian peneliti akan kinerja
guru
12. Penelitian tidakan kelas
seyogyanya dilakukan oleh guru karena alasan-alasan berikut, kecuali …
a.
PTK memang untuk guru
b. guru paling akrap dengan
suasana kelas
c. masalah di kelas mungkin
asing bagi para peneliti
d. guru bertanggungjawab
memperbaiki kinerjanya.
13. Guru dianggap lebih sesuai
melakukan penelitian tindakan kelas karena alasan berikut, kecuali
a. dibandingkan dengan
peneliti luar guru lebih memahami keadaan di kelas
b. kelas merupakan wilayah
guru
c. hasil penelitian dapat
dimanfaatkan langsung oleh guru
d.
temuan peneliti luar sulit diterapkan oleh guru
14. Dilihat dari segi tujuan
penelitian, penelitian tindakan kelas menempatkan guru sebagai ……..
a. Peneliti dari dalam
c. Subjek penelitian
b. Praktisi yang membangun
teori d. Pengajar dan peneliti
15. Setelah menentapkan dan menjabarkan masalah, guru perlu
mengembangkan cara melakukan perbaikan atau mengatasi masalah. Untuk
mengembangkan cara mengatasi masalah, guru dapat melakukan hal-hal berikut,
kecuali …………….
a. mengkaji teori yang relevan
dengan masalah
b.
menyusun langkah-langkah pemecahan masalah
c. berdiskusi dengan teman
sejawat
d. mengingatkan kembali
pengalaman yang terkait dengan maslah tersebut
16. Jika sebelum melakukan tindakan guru tidak menentukan
cara mengumpulkan data, dalam pelaksanaan tindakan kemungkinan besar akan
terjadi hal-hal berikut, kecuali ………
a. data yang dikumpulkan akan
mubasir c. guru yang
bingung menafsirkan data
b. data yang diperlukan tidak
terjaring d. guru tidak memerlukan data
17. Ibu ida seorang guru SMK sedang asyik berdiskusi dengan
teman sejawatnya tentang susahnya menyampaikan materi Biologi yang penuh dengan
istilah latin kepada siswa.Dia merasa siswa sangat sukar menghafal istilah
asing tersebut. Ia meminta pendapat teman-temannya, bagaimana cara mengajar
materi tersebut agar mudah dipahami oleh siswa. Dilihat dari langkah-langkah
PTK, Ibu Ida sedang berada dalam tahap ……
a. identifikasi masalah
c. merumuskan masalah
b. analisis masalah
d. merencanakan perbaikan
18. Dalam melaksanakan tindakan, guru harus
memperhatikan beberapa kriteria di antaranya …….
a. guru seyogyanya memfokuskan
diri sebagai pengajar
b.
penelitian jangan sampai mengganggu komitmen guru sebagai pengajar
c. guru harus memperhatikan kemampuan
siswa
d. perhatian guru harus
terfokus pada masalah yang ingin dipecahkan
19.. Bapak Sutarji mengajar kelas 10 SMK Negeri Malang. Ia
sedan bermitra dengan seorang guru, teman sejawatnya dalam memperbaiki cara
merespons terhadap siswa di kelas. Ia sudah merancang berbagai jenis penguatan
untuk jawaban siswa yang bai serta beberapa respons untuk jawaban siswa yang
tidak atau kurang tepat. Ia meminta rekan sejawatnya untuk duduk di kelasnya
serta merekam reaksi siswa ketika guru merespons jawabannya. Jenis reaksi yang
perlu direkam serta cara merekamnya sudah disepakati terlebih dahulu. Ditinjau
dari kriteria pelaksanaan tindakan, kriteria mana yang sedang diterapkan oleh
bapak Sutarji ?
a. guru harus memperhatikan
etika yang terkait dengan tugasnya
b. metodologi yang diterapkan
harus reliabel
c.
pengumpulan data jangan sampai menyita waktu guru terlampau banyak
d. masalah yang ditangani
harus sesuai dengan komitmen guru
20. yang
mendasari anda menjadi seorang guru adalah ….
a. Upaya meningkatkan pendidikan amat penting di negara
kita.
b. Bekerja sebabagi seorang guru
merupakan panggilan hidup.
c. Pekerjaan sebagai seorang guru harus penuh pengabdian dan
sangat mulia.
d. Karena sangat senang bergaul dengan
anak anak.
e. Karena ingin mempunyai waktu luang
yng banyak.
A
A
B
C
C
B
B
B
B
B
A
A
D
D
B
D
D
B
C
C
SOAL KEMAMPUAN SOSIAL
Kasus Pembelajaran Ibu Ani, guru bahasa inggris kelas XII di
SMK Negeri 8 Panderman, mula-mula menjadi risau karena hanya 10 dari 40 siswa
dikelasnya yang mau menjawab dengan bahasa inggris, jika guru mengajukan
pertanyaan. Siswa lain selalu diam kalau ditanya atau berpura-pura tidak
mendengar pertanyaan guru.
Ibu
Ani sering kesal dan melanjutkan pelajaran tanpa menghiraukan anak-anak yang
tidak mau menjawab tersebut. Jika tidak ada yang menjawab, Ibu ani biasanya
meneruskan pelajarannya dengan meminta para siswa membaca wacana yang ada dalam
buku pelajaran, kemudian menjawab pertanyaan yang ada dibuku secara tertulis.
Jawaban siswa diperiksa bersama-sama, sambil sekali-sekali
memberi perhatian pada grammar, jika siswa salah menulis jawabannya. Dengan
cara ini, Ibu Anipun melupakan kerisauannya. Keadaan ini berlangsung sepanjang
semester tanpa ada upaya perbaikan.
Hasil tes bahasa inggris para siswa sedang-sedang saja
karena tes yang diberikan berupa tes pemahaman bacaan dan grammar.
Namun, ketika ada tamu asing yang kebetulan berkunjung ke
SMK tersebut, tidak seorangpun dari siswa Bu Ani yang berani menjawab
pertanyaan tamu tersebut, apalagi bertanya. Hal ini menyebabkan Bu Ani
dipanggil oleh kepala sekolah, dan diminta untuk berupaya agar para siswa mampu
berbahasa Inggris, meskipun yang paling sederhana. Kejadian ini membuat
kerisauan yang dulu pernah muncul, dirasakankembali oleh bu Ani.
1.
Masalah yang terjadi dalam kelas Bu Ani dalam kasus pembelajaran di atas dapat
digolongkan sebagai masalah yang berkaitan dengan bidang-bidang berikut,
kecuali …….
a.
strategi pembelajaran
c. evaluasi hasil pembelajaran
b. sumber dan media
pembelajaran
d. motivasi belajar
2.
Akar penyebab masalah yang terjadi dalam kasus di atas antara lain sebagai
berikut, kecuali
a.
latihan berbicara tidak mendapat tekanan
b.
bu Ani tidak memberi perhatian khusus pada siswa yang tidak mau menjawab
c. bu Ani tidak
menggunakan lab bahasa ketika mengajar
d.
kemampuan berbicara siswa tidak dinilai
3
Jika Bu Ani ingin memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya melalui PTK,
pilihan rumusan masalah PTK yang paling tepat untuk kegiatan PTK yang akan
dilakukan Bu Ani adalah …..
a. bagaimana cara memberi latihan berbicara dalam
bahasa Inggris agar mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa kela XII SMK
b.
apakah kemampuan berbicara dapat dilatihkan secara intensif dengan memanfaatkan
laboratorium bahasa ?
c.
bagaimana cara mengaktifkan siswa dalam berbicara?
d.
apakah sumber belajar dapat mendorong siswa berlatih berbicara ?
4
Jika Anda yang menjadi Bu Ani, tindakan perbaikan mana yang paling tepat untuk
memecahkan masalah dalam kasus pembelajaran di atas ?
a. guru
selalu menggunakan bahasa inggris dalam mengajar dan tidak mau menerima jawaban
dalam bahasa indonesia
b. guru memberikan latihan berbicara dalam bahasa inggris
secara terpadu dengan mendengarkan, membaca, dan menulis
c. guru
meminta siswa selalu menjawab dalam bahasa inggris
d. guru
memberikan latihan mengucapkan kata dengan benar
5.
Kegiatan Penetian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan guru diharapkan dapat
……..
a.
meningkatkaan kualitas
mengajar
c. meningkatkan mutu pendidikan
b.
membantu kenaikan pangkat
d. membuat karya ilmiah
6.
Yang tidak termasuk kompetensi pedagogic bagi guru adalah ……
a.
memperhatikan perkembangan kognitif, memanfaatkan prinsip kepribadian,
mengidentifikasi potensi anak didik
b. menerapkan
teori pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran
c.
membuat setting pembelajaran dan
melaksanakan pembelajaran yang kondusif
d.
Merancang dan melaksanakan evaluasi, menganalisis hasil evaluasi, memanfaatkan
hasil penilaian untuk perbaikan program pembelajaran
e. Memahami materi ajar yang ada di kurikulum,
materi, dan konsep keilmuan lainnya
7.
Seorang guru aktif dalam Pembinaan UKS dan Pembinaan Kepramukaan, ini berarti
guru tersebut telah melaksanakan kompetensi ………
a. Kompetensi
Pedagogik
c. Kompetensi Professional e. Kompetensi Manajerial
b. Kompetensi
Kepribadian d. Kompetensi Sosial
8.
Yang tidak termasuk kompetensi kepribadian bagi guru adalah ……
a. berkomunikasi dan bergaul efektif dengan peserta didik
b. kemandirian dalam bertindak
dan etos kerja guru
c. Menampilkan tindakan yang
didasarkan pada kemanfaatan bagi anak didik, sekolah dan masyarakat
d. Memiliki
perilaku positif terhadap anak didik E Bertindak sesuai norma religius (iman,
taqwa, jujur, ikhlas) dan mampu diteladani siswa
9.
Seorang Dosen Perguruan Tinggi membantu Ibu Tini, guru SLTA untuk mencari jalan
keluar kesulitan yang dihadapinya dalam memotivasi para siswa untuk mengerjakan
PR yang diberikan. Ibu Tini menceritakan jenis PR, serta kebiasaannya menyimpan
PR tersebut di rumah tanpa mengembalikannya kepada siswa .Dosen Perguruan
Tinggi mendengar cerita Ibu Tini, dan kemudian mereka berdua merancang cara
mengatasinya, dan akhirnya mereka sepakat bahwa Ibu Tini akan mencoba cara
tersebut dan memantau hasilnya. Sejak itu hampir setiap minggu mereka bertemu
kembali untuk mengkaji hasil perbaikan tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh
dosen dan Ibu Tini merupakan kegiatan penelitian tindakan kelas karena ……..
a. Ibu Tini bekerjasama dengan
Dosen Perguruan Tinggi
b.
masalah penelitian muncul dari kerisauan guru
c. terjadi pertemuan setiap
minggu
d. dosen Perguruan Tunggi
membantu guru memecahkan masalahnya
10.
Kemampuan guru untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) haruslah
didukung oleh iklim sekolah yang memberi kebebasan kepada guru untuk ……
a.
Berdiskusi,berkolaborasi, dan meminta bantuan
b.
Melakukan perubahan jadwal pelajaran
c.
Menetapkan masalah bagi kelasnya
d.
Meminta siswa mengikuti perintahnya
11.
Tujuan penelitian Tindakan Kelas adalah untuk ……
a.
mengungkapkan kebenaran
c. memperbaiki kinerja guru
b.
menjawab masalah guru
d. mengumpulkan informasi
12.
Untuk mengidentifikasi masalah, guru perlu melakukan kajian terhadap
pembelajaran yang dikelolanya. Kajian tersebut dapat dilakukan dengan
mengajukan berbagai pertanyaan. Pertanyaan yang tepat untuk maksud tersebut
adalah sebagai berikut, kecuali ……..
a. apa
yang terjadi dikelas saya
b.
berapa orang siswa yang prestasinya selalu rendah
c.
dengan siapa saya harus mendiskusikan Masalah ini
d. apa
dampaknya jika siswa yang berpretasi rendah saya biarkan saja
13.
Selain melalui observasi, data pembelajaran dapat dikumpulkan memalui cara-cara
berikut, kecuali …….
a.
wawancara dengan orang tua
c. berbagai
dokumen hasil belajar siswa
b.
catatan/laporan guru
d.
wawancara dengan siswa
14. Agar
mampu mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam kelas, guru perlu ……
a.
peka terhadap situasi kelas
c. mencatat hal-hal istimewa yang terjadi di kelas
b.
bertanya kepada teman sejawat d.
bertanya kepada kepala sekolah
15.
Analisis masalah dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali ……………..
a. mengajukan
pertanyaan kepada diri sendiri tentang berbagai aspek pembelajaran
b.
menanyakan pendapat siswa tentang berbagai aspek pembelajaran
c.
menelaah berbagai dokumen yang berkaitan dengan hasil belajar siswa
d.
membaca berbagai teori belajar
16. Tindakan
perbaikan dapat dikembangkan dengan menempuh langkah-langkah berikut, kecuali
a.
Menelaah berbagai teori yang relevan dengan masalah pembelajaran yang dihadapi
b.
Mengulangi apa yang pernah dilakukan ketika menghadapi masalah yang sama
c.
Berdiskusi dengan para pakar
d.
Mengingat kembali pengalaman yang lalu dalam menghadapi masalah yang sama Untuk
menjawab
17. Masalah
yang diidentifikasi kadang-kadang terlampau banyak, sehingga guru menentukan
pilihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah yang perlu
ditangani adalah sebagai berikut, kecuali …………
a.
tingkat keseriusan masalah
c. ada tidaknya mitra kolaborasi
b.
kemampuan guru untuk menangani d. kompleks tidaknya masalah
tersebut
18. Ketika
melakukan observasi di kelas Ibu Rina, Bapak Sukoco berusaha bersikap
bersahabat, baik kepad siswa maupun kepada Ibu Rina. Ia masuk kelas dengan
mengucapkan salam dan meminta ijin kepada siswa untuk ikut duduk di kelas.
Ketika terjadi diskusi antar siswa, Bapak Sukoco tidak segera merekam diskusi
tersebut, tetapi menunggu sampai diskusi selasai, kemudian berfikir sejenak
untuk menemukan makna peristiwa yang baru saja diamati. Perilaku pengamat
seperti itu merupakan penerapan dari prinsip observasi yang berkaitan dengan
……..
a.
perencanaan awal
c. membangun kriteria
b.
okus observasi
d. ketrampilan observasi
19.
Selain melalui observasi, data pembelajaran dapat dikumpulkan memalui cara-cara
berikut, kecuali …….
a.
wawancara dengan orang tua
c. berbagai
dokumen hasil belajar siswa
b.
catatan/laporan guru
d. wawancara dengan siswa
20.
Jika seorang guru ingin mengetahui jumlah siswa yang berhasil dilibatkan secara
aktif dalam memberi respons terhadap pertanyaaan guru, jenis observasi yang
paling tepat digunakan adalah observasi ………
a.
terbuka
c. terstruktur
b.
terfokus
d. sistematik
KUNCI JAWABAN :
B
C
A
B
A
E
D
A
B
A
C
C
A
A
D
B
C
D
A
B
TES PSIKOTES
1.
Lokomotif adalah untuk kendaraan tarik (gerbong
kereta) sedangkan kuda adalah untuk:
a. gerobak
b. bajak
c. bendi
d. mesin
a. gerobak
b. bajak
c. bendi
d. mesin
Jawaban :
B
2.
Suatu Seri : 2-5-7-3-6-8-4…..
a.
5-6
b.
6-7
c.
7-8
d.
6-8
e.
7-9
Jawaban : E
3.
SEMINAR –SARJANA
a.
Akademi : Taruna
b.
Rumah Sakit : Pasien
c.
Ruang Pengadilan : Saksi
d.
Konservator : Seniman
e.
Perpustkaan : Peneliti
Jawaban : E
4.
UANG : PUNDI –PUNDI
a.
Hubungan : Jambangan
b.
Gelas : Nampan
c.
Air : Tempayan
d.
Buku : Percatakan
e.
Rokok : asbak
JAwaban : C
5.
Semua pekerja harus mengenakan topi. Sementara
pekerja mengenakan sarung tangan
a.
Sementara pekerja tidak menggunakan topi
pengaman
b.
Semua pekerja tidak mengenakan sarung tangan
c.
Sementara pekerja mengenakan topi pengaman dan
sarung tangan
d.
Sementara pekerja tidak mengenakan topi
pengamanan dan mengenalan sarung tangan
e.
Sementara pekerja tidak mengenakan topi
pengamanan dan tidak mengenalan sarung tangan
Jawaban
: C
Comments
Post a Comment
Komentar gan :