SOAL SOAL GURU BERPRESTASI KOTA SIBOLGA TAHUN 2014

Berikut adalah 45 Jumlah Soal Guru Beprestasi Kota Sibolga Tahun 2014 dari 90 soal. Dimana dalam kesempatan ini saya hanya membuat soal sebanyak 45 Buah Soal yang terdiri dari Test Kompetensi Kepribadian dan Test Kompetensi Sosial...dan jawaban juga akan kami berikan kepada pembaca sekalian. selamat menikmati



SOAL KEMAMPUAN KOMPETENSI GURU


1. Ibu Ita, seorang guru IPS berpenampilan sangat energik, Ia sedang melakukan Penetian Tindakan Kelas (PTK). Hampir setiap hari dia sibuk untuk menganalisis hasil pekerjaan siswanya dan mencoba memberi komentar yang dapat mendorong siswa untuk bekerja lebih giat. Para siswa ternyata sangat antusias terhadap usaha Ibu Ita. Karena para siswa merasa pekerjaannya diperiksa dengan cermat, siswapun membuat pekerjaannya dengan cermat pula. Siswa merasa bahwa ia selalu harus bekerja cermat sebagaimana Ibu Ita memeriksa pekerjaannya dengan cermat pula. Ilustrasi di atas menggambarkan manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi siswa, dalam hal ini
a.      Perilaku guru yang melaksanakan PTK menjadi model bagi siswa
b.      Guru Mendorong siswa untuk memperbaiki hasil belajarnya
c.      Siswa termotivasi oleh cara guru mengajar
d.      Siswa dapat memperbaiki proses dan hasil belajarnya



2. Guru yang tampil melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) akan merasa lebih percaya diri. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain sebagai berikut, kecuali ……
a.      Munculnya perasaan lebih mampu dibandingkan teman sejawat yang lain
b.      Berkembangnya kemampuan guru dalam pembelajaran
c.      Tumbuhnya rasa puas terhadap pembelajaran yang dikelola
d.      Munculnya perasaan mampu Memecahkan masalah sendiri




3. Keinginan dan usaha untuk tidak terlambat datang ke sekolah merupakan ranah:
a.      Kompetensi sosial                           c. Kompetensi profesional
b.      Kompetensi kepribadian                 d. Kompetensi pedagogic 



4.Berikut adalah contoh-contoh masalah pembelajaran yang mungkin dihadapi guru, kecuali
a.  pertanyaan guru sering tidak dijawab oleh siswa    
b.  perhatian siswa pada pelajaran kurang     
c.  banyak siswa yang belum membayar SPP
d.. hasil ulangan siswa rendah


5.  Dalam satu sekolah beberapa orang guru sebidang bekerja dan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses hasil pembelajaran. Kegiatan tersebut merupakan usaha guru untuk mengembangkan diri ranah:
a.      Kompetensi sosial dan pedagogic
b.      Kompetensi profesional dan pedagogic
c.      Kompetensi kepribadian dan profesional
d.      Kompetensi kepribadian dan social


6. Seorang guru yang perokok membiasakan diri untuk tidak merokok di kelas, di ruang guru, di ruang tatib sekolah, dan di ruang BK maupun dalam rapat guru. Guru perokok tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah
a.      Kompetensi profesional                              c. Kompetensi sosial
b.      Kompetensi kepribadian                             d. Kompetensi pedagogic


. Seorang guru mampu Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan
a.      Kompetensi Pedagogik                      c. Kompetensi Professional    e. Kompetensi Manajerial
b.      Kompetensi Kepribadian                   d. Kompetensi Sosial

8. Seorang guru mampu Mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan peserta didik
a.      Kompetensi Pedagogik                     c. Kompetensi Professional    e. Kompetensi Manajerial
b.      Kompetensi Kepribadian                   d. Kompetensi Sosial


9.  Agar Penetian Tindakan Kelas (PTK) dapat diterapkan secara melembaga diperlukan berbagai kondisi atau persyaratan. Kondisi tersebut antara lain sebagai berikut , kecuali ……….
a.      adanya kebebasan bagi para guru untuk berinovasi
b.      birokrasi yang ketat
c.      dukungan dari semua personil sekolah
d.      ada rasa saling mempercayai antara personil sekolah termasuk siswa


10.  Metode utama dalam penelitian tindakan kelas disebut sebagai self-reflective inquiry, artinya metode yang digunakan …….
a.      bertumpu pada kemampuan guru melakukan refleksi
b.      longgar tetapi tetap mengikuti kaidah penelitian
c.      hasil observasi/kesan dari guru
d.      bervariasi asal sesuai dengan kaidah penelitian.

11. Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ……
a.      keriasauan guru akan kinerjanya                  c. keinginan untuk membantu guru
b.      keriasauan pendidik akan mutu pendidikan     d. kepedulian peneliti akan kinerja guru


12. Penelitian tidakan kelas seyogyanya dilakukan oleh guru karena alasan-alasan berikut, kecuali …
a.      PTK memang untuk guru
b.      guru paling akrap dengan suasana kelas
c.      masalah di kelas mungkin asing bagi para peneliti
d.      guru bertanggungjawab memperbaiki kinerjanya.

13. Guru dianggap lebih sesuai melakukan penelitian tindakan kelas karena alasan berikut, kecuali
a.      dibandingkan dengan peneliti luar guru lebih memahami keadaan di kelas
b.      kelas merupakan wilayah guru
c.      hasil penelitian dapat dimanfaatkan langsung oleh guru
d.      temuan peneliti luar sulit diterapkan oleh guru

14. Dilihat dari segi tujuan penelitian, penelitian tindakan kelas menempatkan guru sebagai ……..
a.      Peneliti dari dalam                            c. Subjek penelitian
b.      Praktisi yang membangun teori        d. Pengajar dan peneliti

15. Setelah menentapkan dan menjabarkan masalah, guru perlu mengembangkan cara melakukan perbaikan atau mengatasi masalah. Untuk mengembangkan cara mengatasi masalah, guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali …………….
a.      mengkaji teori yang relevan dengan masalah
b.      menyusun langkah-langkah pemecahan masalah
c.      berdiskusi dengan teman sejawat
d.      mengingatkan kembali pengalaman yang terkait dengan maslah tersebut

16. Jika sebelum melakukan tindakan guru tidak menentukan cara mengumpulkan data, dalam pelaksanaan tindakan kemungkinan besar akan terjadi hal-hal berikut, kecuali ………
a.      data yang dikumpulkan akan mubasir           c. guru yang bingung menafsirkan data
b.      data yang diperlukan tidak terjaring              d. guru tidak memerlukan data

17. Ibu ida seorang guru SMK sedang asyik berdiskusi dengan teman sejawatnya tentang susahnya menyampaikan materi Biologi yang penuh dengan istilah latin kepada siswa.Dia merasa siswa sangat sukar menghafal istilah asing tersebut. Ia meminta pendapat teman-temannya, bagaimana cara mengajar materi tersebut agar mudah dipahami oleh siswa. Dilihat dari langkah-langkah PTK, Ibu Ida sedang berada dalam tahap ……
a.      identifikasi masalah                c. merumuskan masalah
b.      analisis masalah                     d. merencanakan perbaikan

18.  Dalam melaksanakan tindakan, guru harus memperhatikan beberapa kriteria di antaranya …….
a.      guru seyogyanya memfokuskan diri sebagai pengajar
b.      penelitian jangan sampai mengganggu komitmen guru sebagai pengajar
c.      guru harus memperhatikan kemampuan siswa
d.      perhatian guru harus terfokus pada masalah yang ingin dipecahkan

19.. Bapak Sutarji mengajar kelas 10 SMK Negeri Malang. Ia sedan bermitra dengan seorang guru, teman sejawatnya dalam memperbaiki cara merespons terhadap siswa di kelas. Ia sudah merancang berbagai jenis penguatan untuk jawaban siswa yang bai serta beberapa respons untuk jawaban siswa yang tidak atau kurang tepat. Ia meminta rekan sejawatnya untuk duduk di kelasnya serta merekam reaksi siswa ketika guru merespons jawabannya. Jenis reaksi yang perlu direkam serta cara merekamnya sudah disepakati terlebih dahulu. Ditinjau dari kriteria pelaksanaan tindakan, kriteria mana yang sedang diterapkan oleh bapak Sutarji ?
a.      guru harus memperhatikan etika yang terkait dengan tugasnya
b.      metodologi yang diterapkan harus reliabel
c.      pengumpulan data jangan sampai menyita waktu guru terlampau banyak
d.      masalah yang ditangani harus sesuai dengan komitmen guru

20. yang mendasari anda menjadi seorang guru adalah ….
a. Upaya meningkatkan pendidikan amat penting di negara kita.
b. Bekerja sebabagi seorang guru merupakan panggilan hidup.
c. Pekerjaan sebagai seorang guru harus penuh pengabdian dan sangat mulia.
d. Karena sangat senang bergaul dengan anak anak.
e. Karena ingin mempunyai waktu luang yng banyak.









INI DIA KUNCI JAWABANNYA PEMIRSA:


 A
 A
 B
         C
  C
 B
  B
  B
   B
 B
  A
  A
 D
  D
 B
  D
  D
 B
 C
  C















SOAL KEMAMPUAN SOSIAL



Kasus Pembelajaran Ibu Ani, guru bahasa inggris kelas XII di SMK Negeri 8 Panderman, mula-mula menjadi risau karena hanya 10 dari 40 siswa dikelasnya yang mau menjawab dengan bahasa inggris, jika guru mengajukan pertanyaan. Siswa lain selalu diam kalau ditanya atau berpura-pura tidak mendengar pertanyaan guru.
Ibu Ani sering kesal dan melanjutkan pelajaran tanpa menghiraukan anak-anak yang tidak mau menjawab tersebut. Jika tidak ada yang menjawab, Ibu ani biasanya meneruskan pelajarannya dengan meminta para siswa membaca wacana yang ada dalam buku pelajaran, kemudian menjawab pertanyaan yang ada dibuku secara tertulis.
Jawaban siswa diperiksa bersama-sama, sambil sekali-sekali memberi perhatian pada grammar, jika siswa salah menulis jawabannya. Dengan cara ini, Ibu Anipun melupakan kerisauannya. Keadaan ini berlangsung sepanjang semester tanpa ada upaya perbaikan.
Hasil tes bahasa inggris para siswa sedang-sedang saja karena tes yang diberikan berupa tes pemahaman bacaan dan grammar.
Namun, ketika ada tamu asing yang kebetulan berkunjung ke SMK tersebut, tidak seorangpun dari siswa Bu Ani yang berani menjawab pertanyaan tamu tersebut, apalagi bertanya. Hal ini menyebabkan Bu Ani dipanggil oleh kepala sekolah, dan diminta untuk berupaya agar para siswa mampu berbahasa Inggris, meskipun yang paling sederhana. Kejadian ini membuat kerisauan yang dulu pernah muncul, dirasakankembali oleh bu Ani.

1. Masalah yang terjadi dalam kelas Bu Ani dalam kasus pembelajaran di atas dapat digolongkan sebagai masalah yang berkaitan dengan bidang-bidang berikut, kecuali …….
a.      strategi pembelajaran                     c. evaluasi hasil pembelajaran
b.      sumber dan media pembelajaran      d. motivasi belajar

2. Akar penyebab masalah yang terjadi dalam kasus di atas antara lain sebagai berikut, kecuali  
a.      latihan berbicara tidak mendapat tekanan
b.      bu Ani tidak memberi perhatian khusus pada siswa yang tidak mau menjawab
c.      bu Ani tidak menggunakan lab bahasa ketika mengajar
d.      kemampuan berbicara siswa tidak dinilai

3 Jika Bu Ani ingin memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya melalui PTK, pilihan rumusan masalah PTK yang paling tepat untuk kegiatan PTK yang akan dilakukan Bu Ani adalah …..
a.    bagaimana cara memberi latihan berbicara dalam bahasa Inggris agar mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa kela XII SMK
b.   apakah kemampuan berbicara dapat dilatihkan secara intensif dengan memanfaatkan laboratorium bahasa ?
c.   bagaimana cara mengaktifkan siswa dalam berbicara?
d.   apakah sumber belajar dapat mendorong siswa berlatih berbicara ?



4 Jika Anda yang menjadi Bu Ani, tindakan perbaikan mana yang paling tepat untuk memecahkan masalah dalam kasus pembelajaran di atas ?
a. guru selalu menggunakan bahasa inggris dalam mengajar dan tidak mau menerima jawaban dalam bahasa indonesia
b.  guru memberikan latihan berbicara dalam bahasa inggris secara terpadu dengan mendengarkan, membaca, dan menulis
c. guru meminta siswa selalu menjawab dalam bahasa inggris
d. guru memberikan latihan mengucapkan kata dengan benar

5. Kegiatan Penetian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan guru diharapkan dapat ……..
a.   meningkatkaan kualitas mengajar               c. meningkatkan mutu pendidikan
b.   membantu kenaikan pangkat                      d. membuat karya ilmiah

6. Yang tidak termasuk kompetensi pedagogic bagi guru adalah ……
a.  memperhatikan perkembangan kognitif, memanfaatkan prinsip kepribadian, mengidentifikasi potensi anak didik
b.  menerapkan teori pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran
c.   membuat setting pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif
d. Merancang dan melaksanakan evaluasi, menganalisis hasil evaluasi, memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan program pembelajaran
e.  Memahami materi ajar yang ada di kurikulum, materi, dan konsep keilmuan lainnya

7. Seorang guru aktif dalam Pembinaan UKS dan Pembinaan Kepramukaan, ini berarti guru tersebut telah melaksanakan kompetensi ………
a.  Kompetensi Pedagogik          c. Kompetensi Professional     e. Kompetensi Manajerial
b. Kompetensi Kepribadian        d. Kompetensi Sosial

8. Yang tidak termasuk kompetensi kepribadian bagi guru adalah ……
a. berkomunikasi dan bergaul efektif dengan peserta didik
b. kemandirian dalam bertindak dan etos kerja guru
c.  Menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan bagi anak didik, sekolah dan masyarakat
d. Memiliki perilaku positif terhadap anak didik E Bertindak sesuai norma religius (iman, taqwa, jujur, ikhlas) dan mampu diteladani siswa

9. Seorang Dosen Perguruan Tinggi membantu Ibu Tini, guru SLTA untuk mencari jalan keluar kesulitan yang dihadapinya dalam memotivasi para siswa untuk mengerjakan PR yang diberikan. Ibu Tini menceritakan jenis PR, serta kebiasaannya menyimpan PR tersebut di rumah tanpa mengembalikannya kepada siswa .Dosen Perguruan Tinggi mendengar cerita Ibu Tini, dan kemudian mereka berdua merancang cara mengatasinya, dan akhirnya mereka sepakat bahwa Ibu Tini akan mencoba cara tersebut dan memantau hasilnya. Sejak itu hampir setiap minggu mereka bertemu kembali untuk mengkaji hasil perbaikan tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh dosen dan Ibu Tini merupakan kegiatan penelitian tindakan kelas karena ……..
a.  Ibu Tini bekerjasama dengan Dosen Perguruan Tinggi
b.  masalah penelitian muncul dari kerisauan guru
c.  terjadi pertemuan setiap minggu
d.  dosen Perguruan Tunggi membantu guru memecahkan masalahnya

10. Kemampuan guru untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) haruslah didukung oleh iklim sekolah yang memberi kebebasan kepada guru untuk ……
a.      Berdiskusi,berkolaborasi, dan meminta bantuan
b.      Melakukan perubahan jadwal pelajaran
c.      Menetapkan masalah bagi kelasnya
d.      Meminta siswa mengikuti perintahnya

11. Tujuan penelitian Tindakan Kelas adalah untuk ……
a.      mengungkapkan kebenaran               c. memperbaiki kinerja guru
b.      menjawab masalah guru                   d. mengumpulkan informasi

12. Untuk mengidentifikasi masalah, guru perlu melakukan kajian terhadap pembelajaran yang dikelolanya. Kajian tersebut dapat dilakukan dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Pertanyaan yang tepat untuk maksud tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ……..
a.      apa yang terjadi dikelas saya
b.      berapa orang siswa yang prestasinya selalu rendah
c.      dengan siapa saya harus mendiskusikan Masalah ini
d.      apa dampaknya jika siswa yang berpretasi rendah saya biarkan saja

13. Selain melalui observasi, data pembelajaran dapat dikumpulkan memalui cara-cara berikut, kecuali …….
a.      wawancara dengan orang tua            c. berbagai dokumen hasil belajar siswa
b.      catatan/laporan guru                          d. wawancara dengan siswa

14. Agar mampu mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam kelas, guru perlu ……
a.      peka terhadap situasi kelas               c. mencatat hal-hal istimewa yang terjadi di kelas
b.      bertanya kepada teman sejawat       d. bertanya kepada kepala sekolah

15. Analisis masalah dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali ……………..
a.      mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri tentang berbagai aspek pembelajaran
b.      menanyakan pendapat siswa tentang berbagai aspek pembelajaran
c.      menelaah berbagai dokumen yang berkaitan dengan hasil belajar siswa
d.      membaca berbagai teori belajar

16. Tindakan perbaikan dapat dikembangkan dengan menempuh langkah-langkah berikut, kecuali
a.      Menelaah berbagai teori yang relevan dengan masalah pembelajaran yang dihadapi
b.      Mengulangi apa yang pernah dilakukan ketika menghadapi masalah yang sama
c.      Berdiskusi dengan para pakar
d.      Mengingat kembali pengalaman yang lalu dalam menghadapi masalah yang sama Untuk menjawab

17. Masalah yang diidentifikasi kadang-kadang terlampau banyak, sehingga guru menentukan pilihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah yang perlu ditangani adalah sebagai berikut, kecuali …………
a.      tingkat keseriusan masalah                c. ada tidaknya mitra kolaborasi
b.      kemampuan guru untuk menangani    d. kompleks tidaknya masalah tersebut

18. Ketika melakukan observasi di kelas Ibu Rina, Bapak Sukoco berusaha bersikap bersahabat, baik kepad siswa maupun kepada Ibu Rina. Ia masuk kelas dengan mengucapkan salam dan meminta ijin kepada siswa untuk ikut duduk di kelas. Ketika terjadi diskusi antar siswa, Bapak Sukoco tidak segera merekam diskusi tersebut, tetapi menunggu sampai diskusi selasai, kemudian berfikir sejenak untuk menemukan makna peristiwa yang baru saja diamati. Perilaku pengamat seperti itu merupakan penerapan dari prinsip observasi yang berkaitan dengan ……..
a.      perencanaan awal                  c. membangun kriteria
b.      okus observasi                      d. ketrampilan observasi

19. Selain melalui observasi, data pembelajaran dapat dikumpulkan memalui cara-cara berikut, kecuali …….
a.      wawancara dengan orang tua            c. berbagai dokumen hasil belajar siswa
b.      catatan/laporan guru                        d. wawancara dengan siswa

20. Jika seorang guru ingin mengetahui jumlah siswa yang berhasil dilibatkan secara aktif dalam memberi respons terhadap pertanyaaan guru, jenis observasi yang paling tepat digunakan adalah observasi ………
a.      terbuka                                c. terstruktur
b.      terfokus                               d. sistematik






KUNCI JAWABAN : 


   B
   C
   A
   B
   A
   E
   D
   A
   B
 A
 C
  C
   A
  A
   D
 B
  C
  D
  A
  B









TES PSIKOTES



1.       Lokomotif adalah untuk kendaraan tarik (gerbong kereta) sedangkan kuda adalah untuk:
a. gerobak
b. bajak
c. bendi
d. mesin
Jawaban :
B

2.       Suatu Seri : 2-5-7-3-6-8-4…..
a.       5-6
b.      6-7
c.       7-8
d.      6-8
e.      7-9
Jawaban : E


3.       SEMINAR –SARJANA
a.       Akademi : Taruna
b.      Rumah Sakit : Pasien
c.       Ruang Pengadilan : Saksi
d.      Konservator : Seniman
e.      Perpustkaan : Peneliti
Jawaban : E

4.       UANG : PUNDI –PUNDI
a.       Hubungan : Jambangan
b.      Gelas : Nampan
c.       Air : Tempayan
d.      Buku : Percatakan
e.      Rokok : asbak

JAwaban : C

5.       Semua pekerja harus mengenakan topi. Sementara pekerja mengenakan sarung tangan
a.       Sementara pekerja tidak menggunakan topi pengaman
b.      Semua pekerja tidak mengenakan sarung tangan
c.       Sementara pekerja mengenakan topi pengaman dan sarung tangan
d.      Sementara pekerja tidak mengenakan topi pengamanan dan mengenalan sarung tangan
e.      Sementara pekerja tidak mengenakan topi pengamanan dan tidak mengenalan sarung tangan

Jawaban :  C


Comments

Total Pageviews

Popular Posts