Menu pada Microsoft Word 2013 memiliki fungsi untuk mengedit, memformat, dan menyusun dokumen. Menu-menu tersebut terdapat di dalam toolbar yang terorganisir berdasarkan fungsi.
Berikut ini adalah beberapa menu dan fungsinya pada Microsoft Word 2013:
Menu Home: Mengatur jenis, ukuran, dan gaya huruf, serta format paragraf. Menu ini juga berisi perintah untuk menyalin, memotong, menempelkan, dan meniru format teks.
Menu Insert: Menyisipkan simbol matematika, mata uang, gambar, dan bentuk seperti persegi, lingkaran, dan segitiga.
Standard Toolbar: Membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, mencetak dokumen, dan memotong, menyalin, menempelkan teks atau objek.
Formatting Toolbar: Mengubah jenis, ukuran, dan gaya huruf, memberikan efek tebal, miring, dan garis bawah pada teks.
Format Painter: Menyalin format dari satu tempat dan menerapkannya ke tempat lain.
Bullets: Menambahkan poin-poin atau simbol pada teks atau paragraf.
Tables and Borders Toolbar: Membuat tabel, menggambar garis-garis batas tabel, dan memilih, menyisipkan, atau menghapus baris dan kolom
Belajar menggunakan tehnik insert table dan numbering pada MS. Word.
Insert Table adalah sebuah tehnik yang ada pada ms.word untuk memsukkan tabel ke dalam Ms word yang sangat membantu kita sangat efektik dalam membuat sebuah tulisan yang berhubungan dengan tabel. Kita akan praktikkan secara langsung .
Numbering adalah sebuah tehnik yang sangat membantu kita dalam membuat ms word untuk membuat urutan pada tulisan kita sehingga tampil lebih rapi dan elegant . Nanti didalamnya akan ada tehnik merge cell yaitu menggabungkan beberapa cell menajdi satu kolom.
Sekarang kita akan coba membuat sebuah dokumen dengan mengabungkan beberapa tehnik yang sudah kita pelajari .
Bahan untuk pertemuan hari ini
Sekarang mari kita buka Word kita
Untuk ukuran kertas kita buat A4 - Potrait- Margin Narrow
Ukuran Judul 14 . ( Jenis Font : ARIAL dan di BOLD )
Ukuran isi 12 ( Jenis Font : Calibri )
NOTE SAYA JUGA AKAN BAGIKAN NANTI SATU-SATU KERTASNYA
Dalam Pertemuan ke 6 Ini, kita akan belajar menggunakan Mail Merge . Mail merge adalah fitur di Microsoft Word yang memungkinkan pengguna untuk membuat dokumen dalam jumlah banyak dengan isi yang sama. Fitur ini dapat digunakan untuk membuat surat, undangan, sertifikat, amplop, dan dokumen lainnya.
Singkatnya adalah jika kamu ingin membuat surat undangan dengan ratusan orang kamu tidak perlu khawatir lagi untuk mengetik dengan satu-satu tetapi kita dapat menggunkann fitur ini sehingga kerjaan kita menjadi cepat .
Untuk Lebih jelasnya silahkan Buka video materi pembalaran yang sudah sediakan dibawah ini .
1. Untuk menggulung layar ke atas atau kebawah digunakan ā¦.
a. Scrollbar
b. Border
c. Title Bar
d. Ruler
Jawaban : A
2. Fungsi ketentuan Save In dalam kotak dialog Save yaitu ā¦..
a. menentukan nama file
b. membuat folder penyimpanan
c. menentukan folder dimana file disimpan
d. membatalkan penyimpanan
Jawaban : C
3. Setiap keluar dari Ms-Word, naskah edit yang belum disimpan selalu diperingatkan dengan dialog box. Maksud pernyataan tersebut adalah ā¦.
a. Sebelum keluar apakah perubahan edit naskah hendak disimpan.
b. Apakah hendak langsung keluar.
c. Apakah naskah tidak ditutup.
d. Apakah perubahan naskah digabungkan dengan naskah yang lain.
Jawaban : A
4. Untuk memanggil program Word dapat dilakukan dengan ā¦. Icon Word.
a. Click
b. Drag
c. Drop
d. Double click
Jawaban : D
5. Selain menekan Click mouse pada menu Microsoft Word (start menu) dapat pula ditekan ā¦
a. Tab
b. enter
c. Ctrl
d. Alt
Jawaban : D
6. Tanda berhasil memanggil program Microsoft Word jika tertampil ā¦.
a. Logo Word
b. Logo Office
c. New Document
d. New book
Jawaban : B
7. Tampilan elemen Word yang paling atas disebut ā¦.
a. menu bar
b. standard toolbar
c. drawing toolbar
d. title bar
Jawaban : D
8. Elemen layar berikut ini disebut menu, kecuali ā¦.
a. status bar
b. menu bar
c. standard toolbar
d. drawing toolbar
Jawaban : A
9. Elemen layar yang terdekat dengan lembar dokumen adalah ā¦.
a. menu bar
b. status bar
c. dialog box
d. Ruler
Jawaban : C
10. Menu save terdapat dalam deret menu ā¦
a. Formatting Toolbar
b. Drawing toolbar
c. Standard Toolbar
d. Autotext
Jawaban : C
11. Tanda garis bawah pada menu Format dimaksudkan ā¦.
a. F adalah tombol kunci menu
b. F adalah singkatan dari menu
c. F adalah label dari menu
d. F hanya menandai sebuah menu
Jawaban : C
12. Berikut adalah deret menu yang terdapat dalam Menu Bar MS-Word, kecuali.
a. File
b. Insert
c. View
d. Security
Jawaban : D
13. Informasi font, dan ketentuan font dapat dirubah secara langsung melalui ā¦
a. Formatting Toolbar
b. Drawing toolbar
c. Standard Toolbar
d. Autotext
Jawaban : A
14. Untuk membuka program Microsoft Office dengan menu shortcut secara cepat maka digunakan alat bantu ā¦
a. Keyboard
c. Mouse
b. Diskette
d. Monitor
Jawaban : A
15. MS-Word merupakan program Under Windows, diantara pilihan jawaban berikut ini manakah yang menjelaskan pernyataan disamping.
a. bekerja diluar program windows
b. bekerja dibawah operasi Windows
c. bekerja dibawah operasi DOS
d. tidak tergantung pada Windows
Jawaban : B
16. Berikut ini manakah yang bukan merupakan program Microsoft Office.
a. Microsoft Word
b. Microsoft Excel
c. Microsoft Acess
d. Corel Draw
Jawaban : D
17. Menu : File, Exit menutup program untuk kemudian menuju ā¦.. a. Windows c. prompt b. Office d. Shutdown
Microsoft word is ____ software.
a. Application
b. Compiler
c. System
d. Programming
Jawaban : A
18. Which is not in MS Word?
a. Italic
b. Magic tool
c. Font
d. Bold
Jawaban : B
19. ____ cannot be used to work in MS Office.
a. Joystick
b. Scanner
c. Light Pen
d. Mouse
Jawaban : A
20. Which is not an edition of MS Word?
a. MS Word 2003
b. MS Word 2007
c. MS Word 2010
d. MS Word 1020
Jawaban : D
Esai
1. Sebutkan 3 contoh program yang termasuk dalam kelompok Word processing selain Microsoft Word.
Jawaban :
Google Docs
LibreOffice Writer
WPS Office Writer
2. Sebut dan jelaskan program yang termasuk dalam keluarga Microsoft Office.
Jawaban :
Microsoft Word (Word processing)
Microsoft Excel (Spreadsheet)
Microsoft PowerPoint (Presentation)
Microsoft Access (Database)
Microsoft Outlook (Email dan PIM - Personal Information Management)
Microsoft OneNote (Digital note-taking)
Microsoft Publisher (Desktop publishing)
Microsoft Visio (Diagram dan visualisasi)
Microsoft Project (Manajemen proyek)
3. Jelaskan tanda berhasil memanggil program MS-Word.
Jawaban : Tanda berhasil memanggil program MS-Word adalah ketika logo atau ikon Microsoft Word muncul di layar atau ketika tampilan dokumen kosong (new document) terbuka.
4. Jelaskan perbedaan penggunaan menu Save dan Save As.
Jawaban :
Perbedaan penggunaan menu Save dan Save As:
Save digunakan untuk menyimpan perubahan pada dokumen yang sudah disimpan sebelumnya. Jika dokumen belum pernah disimpan sebelumnya, maka akan muncul dialog box Save As.
Save As digunakan untuk menyimpan dokumen dengan nama atau format file yang baru. Dapat digunakan untuk membuat salinan dokumen dengan nama atau lokasi yang berbeda.
5. Jelaskan tingkat efektifitas penggunaan menu toolbar dibandingkan menu bar
Jawaban : Tingkat efektivitas penggunaan menu toolbar dibandingkan dengan menu bar:
Menu toolbar (misalnya Standard Toolbar) biasanya menyediakan akses cepat ke fungsi-fungsi yang sering digunakan. Ini dapat meningkatkan efektivitas karena memungkinkan pengguna mengakses perintah dengan cepat tanpa harus mencari di dalam menu bar.
Menu bar menyediakan akses ke semua menu dan submenu, tetapi terkadang membutuhkan beberapa langkah ekstra untuk menemukan fungsi yang diinginkan. Efektivitasnya mungkin berkurang jika pengguna harus melakukan navigasi yang lebih kompleks.
PART 2 : SOAL- SOAL URAIAN TENTANG MICROSOFT WORD
1.Apa
yang dimaksud dengan microsoft word?
2.Sebutkan
langkah-langkah untuk memulai langkah microsoft word!
3.sebutkan
3 fungsi microsoft word
4.Apa
saja menfaat microsoft word? sebutkan 3 contohnya!
5.Sebutkan
2 keunggulan yang ada di microsoft word!
6.sebutkan
2 kekurangan yang ada di microsoft word!
7.Apa
fungsi utama dari microsoft word yang paling tepat?
8.Aplikasi
apa yang cocok untuk pembuatan tabel, laporan keuangandan fungsi logika?
9.Program
aplikasi yang digunakan untuk pengolahan kata sepertimembuat makalah, surat,
dan skripsi disebutā¦
10.page
setup berfungsi untukā¦
JAWABAN :
1.Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak
atau programaplikasi pengolah data berupa huruf atau angka yang dipergunakanuntuk
keperluan bisnis, pekerjaan, pembuatan laporan, pembuatandokumen, makalah,
skripsi atau hal lain yang berkaitan dengantulis menulis yang dikembangkan oleh
Perusaan Microsoft
2.Klik menu startKemudian klik All
programPilih Microsoft OfficePilih
Microsoft Word Maka akan muncul tampilan layar lembar kerja Microsoft Word.
3.Untuk membuat dokumen
dengan cepat dan tepat.Untuk membuat dokumen yang dapat dicetak (print).Untuk
membuat surat-menyurat dalam urusan resmi maupuntidak resmi.
4.Menghemat waktu dan
tenaga.Menghemat kertas dan biaya.Meminimalisir tingkat kesalahan dalam
penulisan.
5.Dapat menyimpan dokumen
dan dapat dibuka kapan saja.Dapat menyimpan dokumen dengan beragam format
sesuaikebutuhan.
6.Ukuran untuk installer (penginstallan) cukup besar.Merupakan
program aplikasi berbayar.
7.Fungsi utama aplikasi
microsoft word adalah sebagai media user windows untuk aktifitas
pembuatan surat menyurat, membuatlaporan, menulis artikel serta seluruh
aktifitas yang berkaitandengan word processing (pengolahan kata).
8.Microsoft excel
adalah aplikasi yang sangat cocok digunakan untukpembuatan tabel,
perhitungan, grafik, laporan keuangan maupunfungsi logika karna aplikasi ini
memang telah diperuntukan haltersebut.
Kali ini kita akan membuat, mendesain mencetak secara digital sebuah piagama pada MS. Word .
Pada kesempatakan kali ini kita akan menggabungkan beberapa tehnik yang sudah kita pelajari sebelumnya, mulai dari jenis text warna, insert spasing, Mail Merge, watermark dan Lain.
Dibawah ini merupakan contoh sebuah bentuk sertifikat,
Tugas mu adalah membuat sebuah sertifikat
Untuk Bahan Data Mail Mergenya kamu dapat donwload disini untuk nama-nama siswanya .
Google Docs adalah aplikasi pengolah kata
berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi
dokumen secara online. Google Docs merupakan bagian dari Google Workspace.
Fitur Google Docs Membuat dan memformat
dokumen, Berkolaborasi dengan orang lain, Menggunakan templat yang tersedia di
Template Gallery, Mengunggah dokumen secara online, Mengunduh dokumen dalam
berbagai format
HASIL AKHIR NANTINYA ADALAH MEMBUAT BUKU DALAM FORMAT EPUB
EPUB adalah format file standar untuk
buku digital yang dapat dibaca di berbagai perangkat
UNTUK PROJEK AKHR DARI MATERI INI ADALAH MEMBUAT BUKU
(untuk 2 Atau 3 PERTEMUAN)
Cara Menulis Biografi Diri Sendiri
Untuk menulis biografi pribadi yang
mengisahkan dirimu sendiri, terdapat beberapa struktur penulisan yang bisa kamu
ikuti. Meskipun tidak bersifat wajib, struktur tersebut akan membantumu
menyusun sebuah biografi yang utuh
URUTAN
Desain Sampul
Pengenalan diri Tuliskan nama lengkap, tempat, dan tanggal
lahir
Ceritakan sedikit tentang keluarga dan latar
belakang
Tuliskan riwayat pendidikan, nama sekolah, dan
universitas
Pengalaman penting
Ceritakan pengalaman hidup yang penting dan
meninggalkan kesan
Ceritakan masa kecil atau masa sekolah yang
dapat memotivasi
Ceritakan peristiwa dan kejadian penting atau
kejadian yang mengubah hidup
Perjalanan karier Tuliskan nama perusahaan dan
posisinya, Tuliskan pengalaman yang didapat, Tuliskan cerita awal meniti karier
di bidang tersebut.
UKURAN KERTAS A5.
MARGIN 1 STANDAR , WARNA LETAR BEBAS , JENIS TULISAN BEBAS.
UURAN JUDUL SESUAIKAN SENDRI TETAPI UNTUK ISI MINIMAL 12 MAXIMAL 14
Mohon Dukungan likenya ya anak-anak dan kasih komen tentang lagu ini di kolom komentar youtubanya ( kalo pakai akun sekolah tidak bisa komen cuman like doang )
Kita ingin flasback ke semester 1 karena alat sudah datang. sesuai dengan yang pernah saya ungkapkan kita akan mencetak desain di baju yang akan kita cetak menggunaka desain kita dan di print menggunakan tinta khusus dan setelah itu di press.
Kali ini kita akan fokus dalam mendesain yang ingin kita cetak . Dengan tehnik transfer kertas ( dipanggang ) - Prakteknya nanti akan kalian ikuti pak Wel .
Sekolah Sudah menyiapkan bahan-bahan dan alatnya nanti kita akan parktek di workshop(bengkel) :
Setiap orang kaos Putih Polos yang akan dijadikan pengalaman untuk mencetak .
Setiap orang akan mendapatkan kertas inject.
Setiap orang nanti akan mempress sendiri bahan bajunya
Kesepakatan Desain langkah-langkah . : Kita akan desain menggunakan corel draw dengan ketentuan dibawah ini
KITA AKAN MEMADUKAN FOTO KITA SENDIRI DENGAN TEHNIK TYPOGRAFI
Masukkan Foto PNG (TRANSPARANT) Kamu Foto diri sendiri
Lalu Tulisan Nama kamu , Logo setelah itu watermatk kecil dibawah ( Materi TIK Mr Wel)
Disini saya memakai jenis Tulisan = Mistral dan Chiller ( untuk tulisan saya tidak batasi , bebes sesuai selera mu ) boleh mengikuti saya atau juga tidak ga papa. begitu juga dengan warna .
Langkan Selanjutnya jika tidak ada text propertis buka Window, Docker, TEXT,
setelah itu kita ubah TEXTNYA MENJADI OBJECT PERHATIKAN DIBAWAH INI
WAJIB UBAH DULU TEXT MENJADI OBJECT BIAR BISA DI EDIT COUNTOURNYA
LANGKAH SELANJUTNYA ADALAH :
Pilih Textnya yang sudah kota convert, lalu pilih countour seperti gambar .
ATUR SENDIRI UKURAN DAN WARNA COUNTOUR MU
SETELAH KAMU ATUR COUNTUR MU BOLEH KAMU
TAMBAHKAN HIASAN PEMANIS BACROUND
TAPI BACKROUNDNYA PAKAI SHAPE SAJA SEPERTI GAMBAR BAWAH INI
untuk Shape yang kamu pilih boleh bebas, tidak harus sama
LANGKAH PERTAMA KITA DESAIN DI KOMPUTER KITA MASING-MASING( Kita lakukan di lab )
LANGKAH KEDUA HASIL KITA AKAN MENCETAK DENGAN PAKAI KERTAS INJECT
LANGKAH SELANJUTNYA ADALAH KITA AKAN MENTRANSFER TINTA SUBLIM HASIL YANG KITA PRINT KE BAJU DENGAN ALAT PRESS.
<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
PERTEMUAN 12
Membuat Desain Di CANVA ( Khusus Menggunakan Handphone )
Belajar dengan tehnik literasi ( Membaca satu persatu petunjuk )
Mari kita lakukan.
1. Pertama tama yang kita lakukan adalah membukan aplikasi di Handphone mu jika tidak ada download , ( gampang)
2. Kita atur ukuran kertas yang ingin kita buat : ikuti petunjuk foto ini . Pilih ukuran Khusus.
3. Langkah selanjutnya adalah membuat ukuran untuk desain pin nya
Buka menu element untuk mengambil gambar lingkaran sebagai ukuran pinnya, sesuaikan besar pinnya dengan besar lembar kerja yaitu ukuran persegi setelah itu gunakan lingkaran kedua untuk area kerja desainnya karena area luar akan terpotong saat di press. Untuk masalah warna kamu atur sendiri .
4. Langkah selanjutnya adalah memasukkan foto sendiri yang sudah Dalam bentuk PNG atau backroundnya di hapus , itu ada dimenu unggah, jika belum ada kamu unggah terlebih dahulu kedalam canva foto yang sudah kamu remove backround . Lalu selanjutkan kamu dapat memasukkan backround kesukaan mu contoh dibawah ini adalah desain yang saya buat, kamu tidak harus mengikutinya .
Untuk warna bentuk tulisan kamu dapat memilih sesuaid dengan seleramu, untuk yang terdapat didalam desain adalah : FOTO MU WAJIB ADA. LALU KATA-KATA ( TULISAN ) . JIka sudah selesain kamu dapat mendownload hasilnya yang nantinya akan masuk dalam galery handphone, setelah sudah selesai penyimpnanannya kamu dapat mengirimkan hasil dari galeri ke tempat pengumpulan dibawah ini .
Di menu element kamu dapat menemukan berbagai objek yang ingin kamu cari sesuai dengan kata kunci yang kamu ketikkan , tetapi hati hati karena ada element yang berbayar
Jika backround mu menutupi objeknuya kamu dapat merubah posisi nya, sehingga objek menjadi didepan dan backround dibelakang
Untuk mengatur layer ( Posisi dari setiap element ) kamu pilih menu lapisan
Kamu dapat mengubah gaya dan jenis tulisan mu di menu Font .
Kamu juga dapat menambahkan efek di tulisan di menu font explore menunya masih banyak tinggal kamu swipe ke kiri dan kanan untuk seluruh menu yang ada dibawah .
JIka sudah selesai klik tombol download ( panah bawah ) yang ada disudut kanan atas untuk menyimpan hasil yang sudah jadi tunggu sampai loading 100 persen .
Pertama -Tama Bukalah canva di Handphone mu . Untuk Ukuran nya perhatikan gambar dibawah ini gunakan satuannya adalah CM
Kali ini kamu akan mendasain sablonan print sebuah baju di Handphone mu masing-masing. Dengan menggunakan aplikasi Canva, jika belum ada download sendiri .
Untuk yang harus ada didalam desain mu adalah Foto mu sendiri dan unsur tulisan/Huruf.
Jangan lupa memasukkan foto mu sendiri bebas untuk gayanya, manfaatkan menu yang ada di canva misalnya : Elemen, Text,Unggahan , Galeri, dan Lain-lain,
Dibawah ini saya coba berikan beberapa insiprasi desain sablon baju yang mungkin dapat membuka batin, pikiran atau imajinasimu .
Jika sudah selesai jangan lupa disimpan dalam bentuk JPEG boleh juga dalam bentuk PNG.
SIlahan kumpul dibawah ini, jika kamu lupa cara simpan dari canva ke handphone ada di materi atas pertemuan 12 PJJ kamu boleh lihat kembali.
Beberapa aplikasi pembaca EPUB populer meliputi Google Play Books, Adobe Digital Editions, Aldiko, Apple Books, dan Lithium . Ini adalah aplikasi yang dapat kamu gunakan di mobile phone mu
Kita juga dapat menggunakan secara online tanpa harus di instal/ didownload menggunakan PC
Sekarang kita akan uji coba, di handphone. Jika tidak ada download dari playstore atau appstore. setelah itu buka pertemuan 14 untuk mengambil 10 dari teman mu untuk kita uji coba epup. dari hasil teman mu.
Sebentar lagi kita akan ujian , untuk kisi-kisi semester 2 akan saya berikan di website jadi pantengin terus / (buka ) website materi pak wel ini . karena kisi-kisi akan saya buatkan . dibawah pertemuan 15
Selanjutnya adalah kita akan desain skrip ini menjadi buku yang menarik , dimulai dari sampul dan isinya desain dengan menarik , kamu nantinya dapat copy paste . silahkan buka skrip dibawah ini
Soal: Berikut ini adalah
fungsi-fungsi yang terdapat dalam Google Docs, kecuali:
A. Membuat tabel
B. Menyematkan gambar
C. Membuat presentasi interaktif
D. Menyimpan dokumen di Google Drive
Jawaban: C
3. Cara Memulai Dokumen Baru:
Soal: Bagaimana cara memulai dokumen
baru di Google Docs?
A. Klik "File" lalu
"New"
B. Klik "Edit" lalu
"New"
C. Klik "Insert" lalu
"New"
D. Klik "File" lalu
"Open"
Jawaban: A
4. Penyimpanan Dokumen:
Soal: Di mana dokumen Google Docs
disimpan secara otomatis?
A. Di komputer Anda
B. Di cloud (Google Drive)
C. Di hard drive
D. Di folder "My
Documents"
Jawaban: B
5. Kelebihan Google Docs:
Soal: Apa kelebihan Google Docs
dibandingkan dengan Microsoft Word?
A. Memiliki fitur lebih lengkap
B. Bisa diakses secara online dan
kolaboratif
C. Tidak perlu membayar lisensi
D. Semua jawaban di atas
Jawaban: D
6. Kolaborasi:
Soal: Bagaimana cara mengizinkan
orang lain untuk mengedit dokumen Google Docs Anda?
A. Klik "File" lalu
"Share"
B. Klik "Edit" lalu
"Share"
C. Klik "Insert" lalu
"Share"
D. Klik "File" lalu
"Save as"
Jawaban: A
7. Font:
Soal: Bagaimana cara mengubah jenis
font di Google Docs?
A. Klik "Font" lalu pilih
jenis font yang diinginkan
B. Klik "Format" lalu
pilih "Font"
C. Klik "Insert" lalu
pilih "Font"
D. Klik "Edit" lalu pilih
"Font"
Jawaban: B
8. Simbol:
Soal: Bagaimana cara menyisipkan
simbol di Google Docs?
A. Klik "Insert" lalu
pilih "Symbol"
B. Klik "Format" lalu
pilih "Symbol"
C. Klik "Edit" lalu pilih
"Symbol"
D. Klik "File" lalu pilih
"Symbol"
Jawaban: A
9. Tabel:
Soal: Bagaimana cara membuat tabel
di Google Docs?
A. Klik "Insert" lalu
pilih "Table"
B. Klik "Format" lalu
pilih "Table"
C. Klik "Edit" lalu pilih
"Table"
D. Klik "File" lalu pilih
"Table"
Jawaban: A
10. Gambar:
Soal: Bagaimana cara menyisipkan
gambar di Google Docs?
A. Klik "Insert" lalu
pilih "Image"
B. Klik "Format" lalu
pilih "Image"
C. Klik "Edit" lalu pilih
"Image"
D. Klik "File" lalu pilih
"Image"
Jawaban: A
11. Which format can you export a
Google Doc into?
JPEG
PDF(Ok)
MP3
GIF
12. What is the purpose of using
headers and footers in Google Docs?
To add images
To include repetitive information (
Ok)
To change text color
To make text bold
13. Berapa kapasitas penyimpanan
gratis yang diberikan oleh Google Drive?
A. 15 GB ā (OK)
B. 2 GB
C. 10 GB
D. 20 GB
14. Fitur apa yang memungkinkan
pengguna untuk berbagi file dengan orang lain dan mengizinkan mereka untuk
melihat atau mengeditnya?
A. File Locking
B. File Encryption
C. File Sharing ā (ok)
D. File Archiving
15. Tanda berhasil memanggil program
Microsoft Word jika tertampil ā¦.
a. Logo Word
b. Logo Office
c. New Document
d. New book
Jawaban : B
16.. Tampilan elemen Word yang
paling atas disebut ā¦.
a. menu bar
b. standard toolbar
c. drawing toolbar
d. title bar
Jawaban : D
17. Elemen layar berikut ini disebut
menu, kecuali ā¦.
a. status bar
b. menu bar
c. standard toolbar
d. drawing toolbar
Jawaban : A
18.. Elemen layar yang terdekat
dengan lembar dokumen adalah ā¦.
a. menu bar
b. status bar
c. dialog box
d. Ruler
Jawaban : C
19. Menu save terdapat dalam deret
menu ā¦
a. Formatting Toolbar
b. Drawing toolbar
c. Standard Toolbar
d. Autotext
Jawaban : C
20. Tanda garis bawah pada menu
Format dimaksudkan ā¦.
a. F adalah tombol kunci menu
b. F adalah singkatan dari menu
c. F adalah label dari menu
d. F hanya menandai sebuah menu
Jawaban : C
21. Berikut adalah deret menu yang
terdapat dalam Menu Bar MS-Word, kecuali.
a. File
b. Insert
c. View
d. Security
Jawaban : D
22.Informasi font, dan ketentuan font dapat dirubah secara langsung melalui
ā¦
a. Formatting Toolbar
b. Drawing toolbar
c. Standard Toolbar
d. Autotext
Jawaban : A
23. Untuk membuka program Microsoft
Office dengan menu shortcut secara cepat maka digunakan alat bantu ā¦
a. Keyboard
c. Mouse
b. Diskette
d. Monitor
Jawaban : A
24. MS-Word merupakan program Under
Windows, diantara pilihan jawaban berikut ini manakah yang menjelaskan
pernyataan disamping.
a. bekerja diluar program windows
b. bekerja dibawah operasi Windows
c. bekerja dibawah operasi DOS
d. tidak tergantung pada Windows
jawaban : B
25.Untuk menggulung layar ke atas atau kebawah digunakan ā¦.
a. Scrollbar
b. Border
c. Title Bar
d. Ruler
Jawaban : A
26.Fungsi ketentuan Save In dalam kotak dialog Save yaitu ā¦..
a. menentukan nama file
b. membuat folder penyimpanan
c. menentukan folder dimana file
disimpan
d. membatalkan penyimpanan
Jawaban : C
27.Setiap keluar dari Ms-Word, naskah edit yang belum disimpan selalu
diperingatkan dengan dialog box. Maksud pernyataan tersebut adalah ā¦.
a. Sebelum keluar apakah perubahan
edit naskah hendak disimpan.
b. Apakah hendak langsung keluar.
c. Apakah naskah tidak ditutup.
d. Apakah perubahan naskah
digabungkan dengan naskah yang lain.
Jawaban : A
28. Untuk memanggil program Word
dapat dilakukan dengan ā¦. Icon Word.
a. Click
b. Drag
c. Drop
d. Double click
Jawaban : D
29. Selain menekan Click mouse pada
menu Microsoft Word (start menu) dapat pula ditekan ā¦
a. Tab
b. enter
c. Ctrl
d. Alt
Jawaban : D
30. Dibawah ini termasuk aplikasi
yang dapat membuka file Epup , kecuali
a. EPup_reader
b.Lithium
c.Flowosh
d. Ms .Word
Jawaban : ms word
31. page setup ber ungsi untukā¦
a. mengatur halaman
b. mencetak kertas
c. keluar dari tampilan
d. membuka lembar ker)a
33.Microsoft
Word adalah perangkat lunak ____.
(A) Aplikasi
(B) Kompiler
(C) Sistem
(D) Pemrograman
Jawaban: A
34.Yang tidak
ada di MS Word?
(A) Miring
(B) Alat sulap
(C) Huruf
(D) Tebal
Jawaban (B)
35. ____ tidak dapat digunakan untuk bekerja di
MS Office.
(A) Tuas kendali
(B) Pemindai
(C) Pena Cahaya
(D) mouse
Jawaban (A)
36.Yang tidak
ada di MS Word?
(A) Miring
(B) Alat sulap
(C) Huruf
(D) Tebal
Jawaban (B)
37.Yang tidak
ada di MS Word?
(A) Miring
(B) Alat sulap
(C) Huruf
(D) Tebal
Jawaban (B)
38.Manakah
dari berikut ini yang merupakan contoh orientasi halaman?
(A) Lanskap
(B) Subskrip
(C) Superskrip
(D) Ukuran A4
Jawaban (A)
39.Untuk membuat penulisan alamat surat atau undangan tersedia pada
fasilitas ā¦
a. Format ā mail merger
b. Tools ā mail merge
c. Edit ā mail merge
D. Insert ā mail merge
Jawaban : D
40.Dokumen
utama pada mail merge disebut ā¦
a. Main merge
b. Main data
c. Main document
d. Source document
jawaban : C Main document
41.Prosedur
untuk membuat dokumen induk adalah ā¦..
a. Start ā word ā new document
b. Start ā program ā word
c. Start ā tools ā mail merge
d. Tools ā mail merge ā main document
Jawaban : D
42.Document
yang masuk dalam mail mail merge adalah ā¦
a. Karya tulis
b. Surat undangan
c. Label
d. kurva
Jawaban : B Surat Undagan
43. Untuk memanggil program Word dapat
dilakukan dengan ā¦. Icon Word.
a. Click
b. Drag
c. Drop
d. Double click
Jawaban : D
43.Menu save
terdapat dalam deret menu ā¦
a. Formatting Toolbar
b. Drawing toolbar
c. Standard Toolbar
d. Autotext
Jawaban : C
44. CorelDRAW adalahā¦..
a. Aplikasi Editor
grafik vector
b. Aplikasi Browser
Internet
c. Aplikasi Membuat animasi
Flash
d. Aplikasi Berhitung
45. Tombol pada keyboard untuk membuat grafik
baru pada corelDRAW adalah...
a. Ctrl+O
b. Ctrl+N
c. Ctrl+X
d. Ctrl+Z
46. Bagaimana cara mengexport gambar corelDRAW
?
a. File ? Import
b. File ? Save
c. File ? Export
d. File ? Print
47. Rectangle Tool berfungsi untuk...
a. Membuat garis lurus
b. Membuat persegi
atau persegi panjang
c. Membuat lingkaran atau
Elips
d. Membuat segitiga atau
segibanyak
48. Sementara Elipse Tool berfungsi untuk...
a. Membuat persegi atau persegi
panjang
b. Membuat segitiga atau
segibanyak
c. Membuat gambar spiral
d. Membuat lingkaran atau
elips
49. Tombol pada keyboard untuk mengexport
gambar adalah menekan...
a. Ctrl+E
b. Ctrl+Z
c. Ctrl+R
d. Ctrl+N
50. Alat yang digunakan untuk membentuk
berbagai objek garis artistic adalahā¦..
a. Artistic media tool
b. Shape Tool
c. Pen Tool
d. Zoom Tool
51. Dimension Tool adalah alat untuk...
a. Membuat garis artistic
b. Membuat kurva
c. Membuat Tabel
d. Membentuk garis
dimensi vertikal, horizontal, diagonal, dan sebagainya
52. Alat yang digunakan untuk menarik,
memindahkan objek adalah...
a. Pick Tool
b. Shape Tool
c. Envelope Tool
d. Berzier Tool
53. Ctrl+Z adalah shortcut pada keyboard
untuk...
a. Save grafik
CorelDRAW
b. Membuka lembar
baru
c. Mengulangi
langkah sebelumnya
d. Membuat text
54. Sementara Ctrl+D adalah shortcut pada
keyboard untuk...
a. Mengcopy gambar
b. Menduplikat gambar
c. Memotong gambar
d. Menyatukan gambar
55. Table tool digunakan untukā¦..
a. Membuat Segitiga
b. Membuat Lingkaran
c. Mewarnai Grafis
d. Membuat Tabel
56. Polygon Tool digunakan untukā¦..
a. Membuat Lingkaran
b. Mewarnai Grafik
c. Membuat Segi
banyak
d. Membuat Persegi
57. F8 adalah shortcut pada keyboard untuk
memunculkan ...
a. Berzier Tool
b. Shape Tool
c. Freehand Tool
d. Text Tool
58. Berikul ini adalah menu yang terdapat di
aplikasi corel draw, kecuali...
a. File
b. View
c. Window
D. Mailing
59. Untuk mengubah huruf text pada corelDRAW
adalah menggunakan...
a. Font
b. Size
c. Zoom
d. Copy
60. Untuk membuat background bisa dipilih dari
menu...
a. File
b. Layout
c. Page Setup
d. View
SOAL URAIAN
1.jelaskan apa itu Google
Docs
Google Docs adalah
aplikasi pengolah kata berbasis web yang memungkinkan pengguna membuat,
mengedit, dan berbagi dokumen teks secara online
2.Aspa fungsi utama dari google
docs.
Fungsinya meliputi membuat,
mengedit, menyimpan, dan berbagi dokumen teks. Selain itu, Google Docs
juga mendukung kolaborasi real-time, sehingga beberapa orang dapat bekerja pada
dokumen yang sama secara bersamaa
3.Tuliskan
kelebihan dari google docs
Kelebihan Google Docs
Ā·Aksesibilitas: Dapat
diakses dari mana saja, kapan saja, dan perangkat apa saja.
Ā·Kolaborasi: Memungkinkan
kolaborasi real-time dengan banyak orang.
Ā·Hemat Storage: Tidak
memerlukan instalasi aplikasi, sehingga hemat storage.
Ā·Sinkronisasi Otomatis: Dokumen
disinkronkan secara otomatis ke cloud.
4.Sebutkan langkah-langkah untuk
memulai langkah microsoft word!
Klik menu start
Kemudian klik All program
Pilih Microsoft Office
Pilih Microsoft Word 2007
Maka akan muncul tampilan layar
lembar kerja Microsoft Word.
sebutkan
3 fungsi microsoft word
Untuk membuat dokumen dengan
cepat dan tepat.
Untuk membuat dokumen yang dapat dicetak (print).
Untuk membuat surat-menyurat dalam urusan resmi maupun tidak resmi.
Sebutkan
2 keunggulan yang ada di microsoft word!
Dapat menyimpan dokumen dan
dapat dibuka kapan saja.
Dapat menyimpan dokumen dengan beragam format sesuai kebutuhan.
sebutkan
2 kekurangan yang ada di microsoft word!
Ukuran untuk installer (penginstallan)
cukup besar.
Merupakan program aplikasi berbaya
Comments
Post a Comment
Komentar gan :