MATERI KELAS 6


 


















PERTEMUAN 1 
_____________________________________________________
==================================
PERTEMUAN 2 
______________________________________________________
==========================

PERTEMUAN 3

VIDEO MATERI 

_________________________________________________________
=============================================

PERTEMUAN 4
Dalam kesempatan kali ini kita akan berlogika lagi dalam menggunakan scracth, kali ini kita akan coba membuat sebuah game. Dan saya akan memberikan gambaran kodingnya, untuk penjelasan lebih lanjut silahkan dengarkan guru mu di labkomputer
KALI INI KITA AKAN MEMBUAT GAME LASER 




KODING PERTAMA 
 







Setelah itu cek, apakah hasilnya sudah masuk atau belum pastikah hasil mu masuk  


VIDEO   MATERI



A: "Hello! You look very focused. May I ask you to introduce yourself?" 
B: "Certainly! My name is .... from Grade 6." 
A: "Hi, .....! What are you doing with in computer class today?" 
B: "Right now, I'm deeply involved in coding for the Elementary School level, specifically using the Scratch platform." ..........
A: "Wow, interesting! What exactly are you learning or working on?"
B: "I'm having fun creating my own game! I'm designing all the codes from scratch, you know." 
A: "That's fantastic! May I take a quick look at your creation?" B: "Of course! Please do." A: "This is amazing! Could you tell me about your game and how it works?"
B: .... MAKE WITH YOUR OWN SENENTENCE ...
A : Thank You 
B: Your Welcome . 

----------------------------------------------------------------------
------------------------------
---------------------------------------------------------
PERTEMUAN 5

Cara membuka scracth di handphone silahkan buka google di handphone mu lalu klik pengaturan menjadi mode dekstop silahkan lihat gambar dibawah ini, setelah itu login menggunakan akun mu scracth mu . btw pertemuan 4  belum ada yang mengumpulkan kita kumpulkan dulu ya . 

1. Pertama-tama adalah buka google di Handphone 



    
     KLik titik 3 ( pengaturan ) dan pilih mode situs dekstop untuk membuat tampilan makin luas seperti tampilan  PC.

Setelah itu login akun scracth mu seperti biasa, jagan sampai lupa akun mu : 

CARA MENYIMPAN HASIL FILE HANDPHONE : 
  



 


KODINGNYA : ( Perhatikan setiap sprite(karaktenya) jangan salah

TERDIRI DARI 7 SPRITE 

 


  


  

    














Tombol 
dan 

---------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------
------------------

PERTEMUAN 6
Karena situasi dan kondisi yang masih tidak tentunya maka untuk hari ini senin tanggal 01/09/2025 Pelajarn kelas 6 kita melakukan PJJ pada pertemuan yang ke 6 ini.
Adapun yang menjadi materi pertemuan kita pada pertemuan 6 ini adalah penugasan. yaitu menyelesaikan projek game pada pertemuan 4 dan pertemuan ke 5. Di mohon untuk hari ini agar mengumpulkan projek gamenya lihat materi diatas sebelumnya jika kamu sedikit lupa. 
Untuk itu berikut saya berikan video petunjuk cara mengumpulkan tugas scracth yang nantinya akan kamu kerjakan di Scracth.MIT.Edu mu . 

VIDEO CARA MENGUMPULKAN PROJEK GAME JIKA KAMU MENGERJAKAN DARI HANDPHONE . 

            

VIDEO CARA MENGUMPULKAN PROJEK GAME JIKA KAMU MENGERJAKAN DARI LAPTOP . 




----------------------------------------------------------------
-------------------------
------------------------------------------------------------------

PERTEMUAN KE 7
..
KOLABORASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN TIK. Dalam membuat sebuah tampilan tabloid. Tata cara Login ke akun sekolah mu lalu buka canva mu. Setelah itu 


CARA SIMPAN DALAM BENTUK PDF 
KLIK LOGO PANAH KE ATAS
LALU PILIH DOWNLOAD 


PILIH PDF . LAlu Kirim ke website 



KLIK KUMPULKAN (DALAM BENTUK PDF)

--------------------------------------------
---------------------------------------------------------

PERTEMUAN 8
Pada kesempatan kali ini kita akan membuat sebuah game yang berjudul menenbak para koruptor . 
yang tentunya kita akan menggunakan sound, jadi sebelumnya pasang dulu headset atau headphone masing-masing untuk mendengarkan suaranya . 
Dalam kesempatan kali ini Pak Wel menyediakan untuk suara backsoundnya . TONTON VIDEO PETUNJUKNNYA ADA DIBAWAH .

PENGERJAANNYA Login ke Scracth Mit Edu ( Akun Masing-Masing - Jangan Tanya lagi Akun masing-masing sudah harus dicatat masing-masing) . 

Download sound backsoundnya saya sediakan juga dibawah . 

CONTOH GAMENYA : Coba rasakan dulu sensasinya
  
PILIH SALAH SATU 
Suara Efek 
                                                                              SUARA TEMBAKAN 

BAHAN UNTUK SPRITENTYA : 
SPRITE KORUPTORNYA : 



SPRITE UNTUK BIDIKANNYA : 



SPRTE UNTUK WARGANYA :  WARGA 1


SPRITE UNTUK WARGA 2 : 




VIDEO UNTUK SCRIPTNYA : KLIK VIDEONYA  
( akan diarahkan langsung ke youtube)




--------------------------------------------------------

PERTEMUAN 9 

Kali ini kita masuk pada kemampuan untuk Mengevaluasi (c5) dan Membuat/Menciptakan (c6) . Hasil karya orginal mu sendiri tanpa saya arahkan

Sehubungan dengan hal tersebut, seluruh peserta diwajibkan untuk melaksanakan tugas akhir berupa pembuatan Game Scratch.

Ketentuan Tugas:

  1. Orisinalitas Mutlak: Hasil karya yang diajukan harus merupakan karya orisinal peserta sendiri.

  2. Kemampuan Menciptakan (C6): Peserta harus mendemonstrasikan kemampuan untuk merancang, membangun, dan menyajikan sebuah produk digital (game) dari ide awal hingga implementasi fungsional di platform Scratch.

  3. Kemampuan Mengevaluasi (C5): Peserta harus mampu menganalisis, menguji, dan menyempurnakan logika program (debugging), desain permainan, dan pengalaman pengguna (user experience) secara mandiri.

  4. Tanpa Arahan Langsung: Proses pembuatan harus dilakukan secara mandiri, tanpa panduan atau arahan spesifik dari pengajar, guna mengukur tingkat kreativitas dan kemandirian teknis peserta.

Kami menantikan hasil karya orisinal Anda yang menunjukkan puncak dari penguasaan materi dan kemampuan berpikir kritis.


------------------------------------------------------------

PERTEMUAN 10

Membuat game edukasi di Scracth . 
Kali ini kita akan membuat game edukasi di scracth sejenis seperti membuat soal-saol pilihan berganda

"In previous sessions, you have reached the Multi-Structural level by mastering the understanding of various technical aspects and methods for combining multiple code blocks in Scratch. 
Dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya, Anda telah mencapai tingkat Multi-Struktural dengan menguasai pemahaman berbagai aspek teknik dan cara menggabungkan beberapa blok kode di Scratch

On this occasion, we will proceed to the 'Analyzing' stage of a piece of information that I will provide, before entering the Relational level to create an educational game using Scratch, which we will then integrate with IPAS (Science, Social Studies, and Arts) multiple-choice questions."
Pada kesempatan ini, kita akan melangkah ke tahap 'Menganalisis' sebuah informasi yang akan saya berikan, sebelum memasuki tingkat Relasional untuk membuat sebuah game edukasi menggunakan Scratch yang akan nanti kita gabungkan pada soal-soal IPAS dalam bentuk pilihan berganda."

Contoh Dibawah Ini : 

BAHAN -BAHAN YANG PERLU DISIAPKAN YAITU TOMBOL PILIHAN GAMBAR PNG

BAHAN SUARANYA :KLIK DOWNLOAD
KLIK BAHAN FOTO PNG NYA: 


PROSES PENGERJAAN : 
1. Pertama-tama kita buka scracth, setelah itu kita pilih 
setelah itu pilih 2 scracth yang kamu inginkan untuk dijadikkan karakter
UNTUK KARAKTER SCRACTH TERSERAH MAU PILIHAN YANG MANA KAMU SUKA . Kalo saya milih kupu kupu dan Panter.
Untuk Scracth yang kamu donwload dari website ini a Nanti aja dulu masukkan, Masukkan di langkah ke 4 saja . Tapi kalo untuk soundnya sudah bisa kamu masukkan dari awal . 

2. sekarang kita akan membuat kode di kupu-kupu
( nah konsepnya itu adalah kupu-kupu akan ngomong 
lalu si panther akan menyahut omongan dari si kupu-kupu- jadi ada percakapan gitu . paham kira kira kan ? ).  dalam pembuatkan percakapan ini kita manfaatkan tehnik broadcast. broadcast adalah perintah untuk mengirimkan sebuah pesan yang dapat diterima oleh semua sprite lain jadi kayak Mengirim sinyal atau pesan antar sprite untuk memicu tindakan. Nah Ini saya kasih Clue nya untuk kodingnya. 
Dalam Koding ini ada 3 part lihat aja gambarnya ada juga broadcast didalamnya .



3. Sekarang saya akan buat clue untuk Koding dari sprite panternya. 







4. setelah kode ini selesai, maka kita akan membuat sprite baru ( yaitu tombol start )sprite PNG yang desediakan MR wel yang ada di website ini. 
ini saya masukkan dalam bentuk PNG di menu upload sprite ( Download di Web ini ) .
Lalu atur ukurannya (size), setelah itu kita masukkan kode untuk sprite tombol start 
lihat gambar dalam spirte tombol start kita akan membuat tombol variabel
( Masa ga tau buat variable kayak gini lohhh.. lihat gambar )!!!





















Nah setelah kamu selesai buat 2 variable baru yaitu "SCORE" dan "SOAL". Nah ini saya spill kira kira untuk kodingnya dibagian sprite tombol start ini . 


5. Nah .sekarang tinggalkan dulu bagian sprite. kita fokus dulu ke bagian backround . Untuk Soal-Soalnya kita akan menulis di backround. dan Membuat koding khusus di backround. ( Jadi ingat jangan sampe lupa, selain di Spirte(karakter) kodingnya juga bisa kita tulis di backround..pahaaaaam lah ya , kalo ga paham udah kertelaluan ...!!
Coba lihat gambar dibawah ini, tadi panah merahhnya, artinya saya itu lagi mengakaktfikan backroundya, lagi saya klik sehingga saya fokus kepada bagian backdournd. Lihat tuh gambar...Jelaskan.. Nah panah merah sebelah kiri itu artinya backdrop tambahan yang saya tambahkan sendiri dan soalnya saya ketik di setiap backdrop yang saya tambahin.. paham lah ya..


Lihat lagi gambar dibawah ini . Artinya total dari backround yang saya buat ada 7. backdrop pertama itu ini saya pilih jenisnya savana, backdrop ke 2 itu saya tambahkan pake menu paint( lihat gambar dibawah ini ) isi nya nanti soal nomor 1. Setelah itu backdrop ke 3, isisnya nanti soal nomor 2, begtu seterusnya sampai Backdrop nomor 7 saya tambahkan pake Pantai. ( Paham kan ????). 

 




















Kamu nanti tulis soalnya seperti ini, Perhatikan Backdrop yang kamu aktifkan lihat ni foto saya lagi aktifkan backdrop no 2, setelah itu saya pakai menu T (text) untuk tulis kata-katanya ..



Niah Biar gampang biar ga ngetik dan cari soalnya ni saya kasih soalnya kamu copy paste aja . 
Enak kali kamu kaaann.......!!!
1. Berikut ini pengelompokan hewan 
berdasarkan makanannya, kecuali ....
A.Ovivar
B.Herbivora
C.karnivora
D.omnivora

2. Hewan pemakan tumbuhan dinamakan ....
A.Ovivapar
B.Herbivora
C.karnivora
D. omnivora

3.Berikut hewan yang makan 
daging adalah .....
A.Kelinci
B.Kerbau
C.Singa
D.Sapi

4.Tikus, bebek dan ayam adalah 
termasuk hewan .....
A.karnivora
B.vipar
C.herbivora
D.Omnivora

5.Berikut ini adalah hewan 
pemakan daging kecuali ....
A.ayam
B.elang
C.gagak 
D.pelikan 
 

6. kalo bagian backdrop udah jadi sekarang kita masuk pada bagian membuat benar salah untuk jawabannya. Sekarang kamu masukkan sprite yang kamu donwload tadi yaitu gambar PNG huruf "A". 
Lihat gambar ini, Jadi Tombol A Tombol B Tombol C dan TOMBOL D. Paham kannn!!









KIRA KIRA SEPERTI INI PENJELASAN KODINGNNYA UNTUK LEBIH LENGKAPNYA DA DIBAWAH 

JADI KALO COMPLETE KIRA KIRA SEPERTI INI NANTI GAMBARANNYA : JADI HURUF_HURUF PILIHANNYA DI SUSUN DIBAWAH INI SEPERTI GAMBAR DIBAWAH INI.


Nah Sekarang kita fokus ke tombol A aja dulu . 
Di tombol A ini ada 4 bagian koding, kira kira seperti ini kodingnya saya spill . 





































Kalo sudah jadi sekarang saya coba spill untuk koding sprite tombol "B" nya . 





































Setelah itu ni saya spill untuk koding tombol C



































Sekarang saya spill untuk tombol "D". 

 




































Kalo udah sebelum mengumpulkan kamu uji coba dulu baru kumpulkan dibawah ini seperti biasa ya. 
( JANGAN BILANG GA TAU CARA NGUMPUL.. ITU KETERLALUAN NAMANYA )




---




Comments

Total Pageviews

Popular Posts