BELAJAR MATERI KELAS 8

Belajar Microsoft Excel Part 1

Banyak dari kita mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar Microsoft Excel. Aplikasi ini sering digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari siswa, mahasiswa maupun pekerja karena sangat bermanfaat untuk mengolah angka.

Software aplikasi ini biasa dimanfaatkan dalam mengolah data yang membutuhkan perhitungan karena memiliki fitur-fitur khusus baik itu berbentuk formula (rumus) atau fitur pendukung yang lain. Berbeda dengan aplikasi pengolah angka lainnya, MS Excel termasuk aplikasi spreadsheet yang premium atau berbayar. Kita harus membeli lisensi agar dapat menggunakannya secara resmi.

1.Window Title / Judul di tampilkan dibagian atas, berisi nama workbook yang sedang aktif.
2.Ribbon Tab berisi tab-tab menu yang disediakan pada aplikasi Microsoft Office Excel, seperti Home, Insert, Page Layout dan lain-lain.
3.Ribbon Group berisi button atau tombol yang di kelompokkan (group) sesuai ribbon tabnya.
4.Formula Bar bagian kiri adalah NameBox digunakan untuk menampilkan nama sel atau range. di sebelah kanan berisi kotak untuk memasukkan rumus-rumus excel ataupun untuk menampilkan isi dari sebuah sel.
5.Column Header menampilkan nama-nama kolom dari A – XFD (total 16384 kolom).
6.Row Number menampilkan nama baris (Row) pada Excel di mulai dari 1 – 1048576.
7.Sel Pointer posisi sel yang sedang aktif.
8. Tab Sheet lembar kerja di Microsoft Excel, defaultnya adalah 3 Sheet.
9. Vertical Scroll Bar dan Horizontal Scroll Bar


Pada versi PC atau laptop, Microsoft Excel tersedia untuk sistem operasi Windows dan macOS. Sedangkan di versi HP, aplikasi ini tersedia untuk Android dan iPhone namun dengan fitur yang tidak selengkap versi PC-nya. Untuk versi HP, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis.

<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

BAHAN KETIKAN DI EXCEL

PERTEMUAN 2

BELAJAR MEMBUAT TABEL SEDERHANA DI EXCEL 



MENU :

KLIK KUMPULKAN UNTUK HASIL 

CEK HASIL 


<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

PERTEMUAN KE 3

MEMBUAT TABEL DENGAN TEHNIK MERGE CENTER  DAN MEMBUAT RUMUS PENJUMLAHAN DI EXCEL .

Merge Center adalah tehnik untuk menggabungkan beberapa sell dalam membuat sebuah tabel. Pada bagian tombol Merge dan Center ( perhatikan yang diberi tanda panah ) terlihat tombol tersebut dalam keadaan aktif, yang berarti pada sel terpilih sudah diterapkan fungsi penggabungan sel (merge cells).



Untuk menggabungkan beberapa sel pada Excel, caranya adalah:

Blok atau pilih beberapa sel yang ingin di gabungkan misal sel A1 dan G1.

Kemudian klik tombol Merge dan Center.

Maka sel yang telah di pilih akan menjadi satu sel.

Dan jika ingin mengembalikan menjadi beberapa sel lagi, maka tinggal klik sekali lagi pada tombol Merge & Center.

RUMUS PENJUMLAHAN : 

=SUM(A1:A5) untuk menjumlahkan angka dalam sel A1 hingga A5

=SUM(A1, C1, E1, G1) untuk menjumlahkan angka dalam rentang sel yang tidak berurutan

=SUM(A1:A5, C1:C5, E1:E5) untuk menjumlahkan dalam beberapa baris atau kolom

=SUM(IF(A1:A10>5, A1:A10, 0)) untuk menjumlahkan hanya nilai-nilai tertentu yang memenuhi kriteria tertentu


BAHAN YANG AKAN DIKERJAKAN 


TOMBOL MENU : 

KLIK KUMPULKAN 


<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>><<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>><<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

PERTEMUAN KE 4

Materi kali ini adalah kita akan membuat tehnik Curency , yaitu penggunaaan logo mata uang. dan rumus perkalian . seperti biasa dalam setiap membuat rumus dalam excel harus diawali dengan tanda (  = ). Kali ini kita akan membuat rumus perkalian 
Contoh Rumus perkalian di excel : 
= A3*A4
Logo kali dalam excel adalah (*) di keyboard gunkan tekan tombol shift lalu angka delapan. 
 
Ketentuan :
Judul Jenis huruf Calibri ukuran 14 (bold), Judul Setiap kotak ukuran 12 di Bold (times new roman ) dan untuk Isi Jenis huruf times new roman ukuran 12..
Cari Jumlah tiap barang dengan rumus =sum  dan cari untung penjualan .
TAMPILAN KESELURUHAN 

TAMPILAN DIPERBESAR 


TOMBOL MENU : KLIK KUMPULKAN 
                               CEK HASIL 
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<><>>>><><><><><>>>>>>>>>>>>
___________________________________________________________________________________________
___________________________________________________________________________________________
_____________________________________________________________________

 KISI-KISI SOAL TENTANG MICROSOFT EXCEL

1. Suatu daerah pada worksheet yang berbentuk segi empat dan merupakan tempat kumpulan beberapa sel disebut ….

a. sheet
b. column
c. range
D. gridline

 

2. Tombol manajemen berkas dokumen pada Microsof Office Excel berbentuk bulat dengan logo Office di tengahnya disebut .…

a. Excel Options
b. Office Button
c. Ribbon
d. Tilte Bar


3. Salah satu cara menyimpan wordbook pada excel adalah dengan menggunakan ….

a. Ctrl+B
b. Ctrl+P
c. Ctrl+C
d. Ctrl+S


4. Berikut ini yang merupakan alamat sel, yaitu .…

a. 84
b. 3F
c. B5
d. BB

5. Ikon ā€œsaveā€, ā€œredoā€, dan ā€œundoā€ merupakan bagian menu dari ….

a. Ribbon
b. Office Button
c. Status Bar
d. Quick Access Toolbar

6. Untuk mengubah satuan ukuran di dalam Excel, digunakan perintah ….

a. Start–Setting–Control Panel–Regional–

Currency
b. Tools–Options–Print
c. Office Button–Open

d. Office Button–Excel Options

Advanced–Display–Ruler Units

 

7. Ikon ā€œUndoā€ berfungsi ….

a. Dokumen
b. Menyimpan. Mencetak Dokumen
c. Membuka File
d. Membatalkan Pengerjaan

 

8. Ctrl+P adalah shortcut key untuk memunculkan kotak dialog ….

a. Page setup
b. Customize
c. Heater
d. Print

 

9. Fungsi dalam Excel yang digunakan menghitung rata-rata dari sekelompok nilai ….

a. SUM
b. AVERAGE
c. MAX
d. MIN

10. Untuk memindahkan atau menyalin worksheet, menu yang harus dipilih setelah klik kanan pada tab sheet adalah ….

a. Delete
b. Rename
c. Select all sheet
d. Move or copy


11. Untuk memberi bingkai pada sel, menu yang harus dipilih pada kotak dialog Format Cells adalah ….

a. Number
b. Alignment
c. Borders
d. Font

12. Menu yang harus dipilih untuk memperlebar atau mempersempit ukuran kolom pada worksheet adalah ….

a. Insert Sheet Column
b. Insert Sheet
c. Borders
D. Column Width


13. Untuk menambah garis dalam Excel, perintah yang diklik pada menu Insert adalah ….

a. Insert Cells
b. Insert Sheet Rows
c. Insert Sheet Column
d. Insert Sheet

14. Berikut merupakan tombol yang digunakan dalam memformat teks agar menjadi miring, yaitu ….

a. Ctrl+B
b. Ctrl+I
c. Ctrl+U
d. Ctrl+S

15. Data type pada Ms. Access yang digunakan khusus untuk menampilkan type mata uang adalah ....

a. Number
b. Currency
c. Text
d. OLE Object

Shortcut untuk menyimpan workbook pada excel adalah....
a. Ctrl+B
b. Ctrl+P
c. Ctrl+C
d. Ctrl+S
jawaban: d
 
 Formula dalam Ms Excel yang digunakan untuk menghitung rata-rata dari suatu data adalah....
a. SUM
b. MAX
c. AVERAGE
d. MIN
jawaban: c
 
Fungsi utama program microsoft excel adalah suatu aplikasi yang berfungsi untuk....
a. mengolah kata
b. mengolah angka
c. mengelola dokumen
d. berkomunikasi
jawaban: b
 
Berikut merupakan shortcut yang digunakan dalam memformat teks agar menjadi miring, yaitu....
a. Ctrl+B
b. Ctrl+I
c. Ctrl+U
d. Ctrl+S
jawaban: b
 
Untuk menambah garis dalam excel, perintah yang diklik pada menu Insert adalah....
a. Insert Cells
b. Insert Sheet Rows
c. Insert Sheet Column
d. Insert Sheet
jawaban: b
 
Untuk memindahkan atau menyalin worksheet, menu yang harus dipilih setelah klik kanan pada tab sheet adalah....
a. Delete
b. Rename
c. Select all sheet
d. move or copy
jawaban: d
 
Untuk memberi bingkai pada sel, menu yang harus dipilih pada kotak dialog format cells adalah....
a. number
b. alignment
c. borders
d. font
jawaban: c

 

SOAL-SOAL URAIAN MATERI TENTANG MICROSOFT EXCEL 

1. Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan perhitungan, membuat grafik, menyusun data dalam bentuk tabel, dan banyak fungsi lainnya.

 

2. Sebutkan beberapa komponen utama dari Microsoft Excel!

Komponen utama Microsoft Excel antara lain: Worksheet, Workbook, Cell, Row, Column, Formula Bar, Name Box, dan Ribbon.

 

3. Apa yang dimaksud dengan Cell Range?

Cell Range adalah kumpulan sel yang diseleksi secara berurutan dalam satu worksheet. Contohnya A1:D10 yang berarti range dari sel A1 hingga D10.

 

4. Jelaskan cara mengcopy data di Excel!

Untuk mengcopy data di Excel, kita bisa memilih sel/range terlebih dahulu, lalu tekan tombol Ctrl+C atau klik kanan dan pilih Copy. Setelah itu, pindah ke lokasi tujuan dan tekan Ctrl+V atau klik kanan dan pilih Paste.

 

5. Bagaimana cara memformat angka di Excel sebagai mata uang?

Untuk memformat angka sebagai mata uang, pilih sel/range yang diinginkan, lalu klik tab Home > Number group > pilih Accounting Number Format atau Currency.

 

6. Apa fungsi dari SUM di Excel?

Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan nilai atau range sel yang dipilih.

 

7 Bagaimana cara menyembunyikan baris atau kolom di Excel?

Untuk menyembunyikan baris, pilih baris lalu klik kanan > Hide. Untuk menyembunyikan kolom, pilih kolom lalu klik kanan > Hide.

 

8. Bagaimana cara menggabungkan dua atau lebih sel di Excel?

Untuk menggabungkan sel, pilih terlebih dahulu range sel yang ingin digabungkan, lalu klik tab Home > Alignment group > pilih Merge & Center atau Merge Across.

 

9. Jelaskan cara menyisipkan gambar di dalam sel Excel!

Untuk menyisipkan gambar, pilih sel tempat gambar akan disisipkan, lalu klik Insert > Pictures > pilih gambar yang diinginkan.

 

10. Bagaimana cara mengunci sel di Excel agar tidak bisa diubah?

Untuk mengunci sel, pilih sel yang ingin dikunci, lalu klik Home > Format > Format Cells > Protection tab > checklist Locked.

 

11. Terdapat daftar nilai 10 murid kelas 6 yang disusun berurutan pada kolom A Excel. Nilai tersebut adalah 80 + 77 + 60 + 75 + 83 + 90 + 92 + 87 + 99 + 100. Jumlahkan 10 nilai tersebut menggunakan rumus excel.

Jawaban:

Untuk menjumlahkan nilai-nilai di atas, gunakan rumus SUM. Tulis rumus SUM pada sebuah kolom, =SUM(A1:A10)

Dengan rumus di atas, akan didapatkan jumlah keseluruhan nilai adalah 843.

 

12. Terdapat data penjualan di kolom A dari A2 hingga A6, yaitu 150, 200, 300, 250, 100. Hitung rata-rata dari data penjualan tersebut menggunakan rumus Excel.

Jawaban:

Untuk mencari rata-rata data penjualan, gunakan rumus AVERAGE. Tulis rumus =AVERAGE(A2:A6) pada kolom lain.

 

13. Bagaimana cara menyisipkan baris baru di Excel diantara data yang sudah ada?

Untuk menyisipkan baris baru, pilih baris di bawah lokasi yang diinginkan, lalu klik kanan dan pilih Insert

 

14.  Bagaimana cara membagi satu sel menjadi beberapa baris di Excel?

Untuk membagi sel menjadi multi-baris, pilih sel yang ingin dibagi, klik tab Home > Alignment group > pilih Wrap Text.

.

15. Jelaskan fungsi SUMIF di Excel dan berikan contoh penggunaannya!

Fungsi SUMIF digunakan untuk menjumlahkan nilai dalam rentang sel yang memenuhi kriteria tertentu.

Contoh =SUMIF(A1:A10, ">20", B1:B10) akan menjumlahkan nilai dari rentang B1:B10 hanya untuk sel di A1:A10 yang nilainya lebih dari 20.

_______________________________<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>_________________________
_______________________________________________________________________________

<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>><>>>><>><><>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

PERTEMUAN 5

Dalam pertemuan ke 5 ini kita akan masuk kepada materi penggunaan 
SUM
SUMIF
SUMIFS
 Apa yang menjadi perbedaan dari ketiga tersebut silahkan simak video yang sudah saya sediakan dibawah ini, jadi seandainya kamu susah untuk menangkapnnya dan lupa kelak dikemudian hari kamu dapat membuka video ini kembali , jadi jangan khawatir.

Klik Video . : VIDEO MATERI 

BAHAN KETIKAN 

TOMBOL MENU : 
                                        KLIK KUMPULKAN 
                                        CEK HASIL

_______________________________________________________________________
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

PERTEMUAN 6

JAM PENDEK 

SAYA BANTU MENGETIK SEBAGIAN : DOWNLOAD BAHAN 


POTONGAN TAMPILAN DIPERBESAR 




TOMBOL MENU : 


.....................................................................................................
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>
.........................................
..................................................................

PERTEMUAN 7 

FUNGSI IF 
VIDEO MATERI PENGUNAAN FUNGSI IF 

BAHAN PRAKTER MANDIRI DIRI SENDIRI 
FOTO
Download Bahannya (sebagian sudah saya Ketik)
FOTO LENGKPANYA 

BAHAN CONTOH 2 





CEK HASIL 
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
PERTEMUAN 8
Buka Halaman 117 
Nanti kira-kira seperti ini langkah-langkah yang akan kita lakukan 


 mencetak hasil desain kita dengan tinta dan kertas khusus ( Tinta Sublim)






Setelah itu hasilnya akan kita press
hasil tinta sublim kita transfer ke baju .








Sekarang kita akan mencoba mendesain baju kita Menggunakan Aplikasi Desain Adobe Ilustrator Kira Kira Seperti ini gambar hasilnya. 
Kenapa kita membawa handphone tujuannya adalah memasukkan foto kita masing-masing nanti didalam desain baju . (wajib foto diri sendiri ) Untuk hapus backround boleh menggunakan Remove BG .
Untuk Fotonya boleh di edit misalnya menjadi nuansa kartun atau gibly dan lain-lain
Untuk ukuran cetak kertas injeknya nanti menggunakan kertas A4. 


CONTOH BEBERAPA INSPIRASI DESAIN DALAM UKURAN KERTAS A4





     >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>><<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

PERTEMUAN 9
KHUSUS JAM PENDEK 

Minggu lalu kita sudah mencoba membuat sebuah desain baju , tetapi setelah saya cek sedikit saya kurang puas untuk secara keseluruhan masih ada seperti yang kurang pas, wlaupun sebagian secara presentasi mungkin 5 persen sudah OK. 
Jadi untuk hari ini di Jam Khusus ini kita akan membuat ulang dengan cara yang lebih ringan dan gampang yaitu menggunakan CANVA . 
Hal yang pertama kamu lakukan adalah membuka canva mu dengan akun sekolah 

Untuk ukuran kita sepakat saja menggunakan ukuran sebesar A4. Tidak menggunakan template secara keseluruhan karena didalam canva tidak semua gratis ada yang bayar baik itu template dan element, kamu juga dapat memasukkan foto/gambar yang tidak terdapat didalam canva dengan menggunakan unggahan yang sebelumnya dapat kamu ambil/ download dari google . 

Masih sama seperti pertemuan sebelumnya unsur yang didalam harus ada : 
FOTO MU SENDIRI ( BEBAS BEBAS SAJA GIMANA GAYANYA ) 
HARUS ADA UNSUR TULISAN DIDALAM DESAIN MU
LALU WATERMARK KECIL : Materi TIK oleh Mr Wel 

Kamu boleh menggunakan Headset / headphone sambil mendengarkan musik saat mengerjakan . 

Jika sudah selesai kirim dalam bentuk PNG di tempat pengumpulan dibawah ini . Jika sudah selesai boleh bebas. 


>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>><<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

PERTEMUAN 10 
Pertemuan Khusus Didalam Kelas 
( Jam Khusus )



Ambil Handphone, untuk kali ini kita akan ada pertemuan khusus didalam kelas dengan menggunakan jam khusus. Pertama-tama bukalah Canva melalui handphone mu, jika tidak ada kamu harus download melalui playstore atau appstore. 
JIka sudah maka bacalah petunjuk dibawah ini. 

Buatlah  sebuah iklan post media sosial melalui canva dengan ukuran : 
1600 pixel x 1600 pixel 


Untuk tema kali ini adalah membuat iklan dengan tema cincin
gunakan semua tehnik yang dimulai dari penggunaan elemetn , upload media, text warna dan lainnya, dan hati hati juga saat pengambilan element dan latar di canva karena ada yang pro alias bayar .
Jika menurut didalam element canva tidak ada, kamu dapat cari dari google lalu upload ke canva mu untuk dapat kamu gunakan sebagai media desain mu . 

berikut beberapa inspirasi desainnya dan tidak harus seperti ini : 
 






JIka sudah selesai kumpulkan dalam bentuk jpeg dan upload dibawah ini : 



>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
KHUSUS IKLAN BURGER 
..............................................................<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
.....................................................
.........................

KISI -KISI UJIAN SEMESTER 2

KISI-KISI KELAS 8


 Apa fungsi dari formula =SUM(A1:A10)?

a. Menghitung jumlah karakter dalam sel A1 hingga A10
b. Menghitung total nilai dari sel A1 hingga A10
c. Menggabungkan teks dalam sel A1 hingga A10
d. Menghitung rata-rata nilai dari sel A1 hingga A10

Jawaban: b

 

Apa yang dilakukan oleh shortcut Ctrl + C di Excel?

a. Menyalin isi sel yang dipilih
b. Memotong isi sel yang dipilih
c. Membatalkan perintah terakhir
d. Membuka menu pengaturan

Jawaban: a

 

 Formula =IF(A1>50, ā€œLulusā€, ā€œTidak Lulusā€) digunakan untuk?

a. Menjumlahkan nilai di A1 dan 50
b. Menampilkan ā€œLulusā€ jika nilai di A1 lebih dari 50, jika tidak menampilkan ā€œTidak Lulusā€
c. Menghapus isi sel A1
d. Mengalikan nilai di A1 dengan 50

Jawaban: b

 

Bagaimana cara membuat semua teks di sel menjadi huruf kapital?

a. Menggunakan formula =LOWER()
b. Menggunakan formula =UPPER()
c. Menggunakan formula =CAPITALIZE()
d. Menggunakan formula =TEXT()

Jawaban: b

 

 Apa yang terjadi jika Anda menekan Ctrl + Z?

a. Mengulang perintah terakhir
b. Membatalkan perintah terakhir
c. Menyimpan dokumen
d. Menghapus isi sel

Jawaban: b

 Apa yang terjadi jika Anda menekan Ctrl + Z?

a. Mengulang perintah terakhir
b. Membatalkan perintah terakhir
c. Menyimpan dokumen
d. Menghapus isi sel

Jawaban: b

 

Apa shortcut untuk menyimpan dokumen di Excel?

a. Ctrl + C
b. Ctrl + S
c. Ctrl + P
d. Ctrl + D

Jawaban: b

 

Canva merupakan platform atau media yang digunakan untuk

A.   Mengolah data teks

B.   Mengolah data angka

C.   Berselancar di dunia maya

D.   membantu membuat desain dan publikasi secara online

Jawaban : D

 

Berikut merupakan contoh produk dari Canva kecuali

A.            Presentasi

B.            Konten isntagram

C.            Tabel dengan formula

D.            Video presentasi

Jawaban : C

 

 Berikut yang termasuk ke dalam fitur dari Canva kecuali

A.            Email

B.            Template

C.            Ilustrasi dan icon

D.            Text Customization

Jawaban : A

Langkah yang tepat untuk mendaftarkan akun Canva adalah

A. Masuk laman https://vvww_canva_comi klik tombol login — Sign up with email

B,               Masuk laman https://wwvv.canva.comi klik tombol Sign Up — Sign up with google

C,               Masuk laman https://www.canva.comf klik tombol login — Sign up with facebook

D.               Pasang aplikasi Canva klik tombol Sign Up — Already sign up email – login

Jawaban : A

 

Aplikasi Canva tersedia dalam bentuk ?

a.       Aplikasi desktop saja                                                                                     

b.      Aplikasi web saja

c.       c.Aplikasi desktop dan web                                                                          

d.      d. Aplikasi web, desktop, dan mobile

 

Komponen utama di interface Canva yang berisi berbagai elemen desain adalah ?

a.   Toolbar

b.   Sidebar

c.   Canvas

d.   Menu Bar

 

Area kerja utama di Canva disebut

a. Artboard

b. Workspace

c. Canvas

d. Layoout

Jawaban : C

 

Jenis konten yang TIDAK dapat dibuat di Canva adalah

a.Poster                        

b.Logo

C Video animasi 3D

D.Infografis

Jawaban : C . Video grafis

 

Komponen Canva yang berisi berbagai bentuk, ikon, dan ilustrasi adalah
a.      Shapes 

b.      Graphics

c. Elements  

d. Icons

Jawaban : C Element

 

 

 

Shortcut untuk menyimpan workbook pada excel adalah....

a. Ctrl+B

b. Ctrl+P

c. Ctrl+C

d. Ctrl+S

jawaban: d

 

 Formula dalam Ms Excel yang digunakan untuk menghitung rata-rata dari suatu data adalah....

a. SUM

b. MAX

c. AVERAGE

d. MIN

jawaban: c

 

Fungsi utama program microsoft excel adalah suatu aplikasi yang berfungsi untuk....

a. mengolah kata

b. mengolah angka

c. mengelola dokumen

d. berkomunikasi

jawaban: b

 

Berikut merupakan shortcut yang digunakan dalam memformat teks agar menjadi miring, yaitu....

a. Ctrl+B

b. Ctrl+I

c. Ctrl+U

d. Ctrl+S

jawaban: b

 

Untuk menambah garis dalam excel, perintah yang diklik pada menu Insert adalah....

a. Insert Cells

b. Insert Sheet Rows

c. Insert Sheet Column

d. Insert Sheet

jawaban: b

 

Untuk memindahkan atau menyalin worksheet, menu yang harus dipilih setelah klik kanan pada tab sheet adalah....

a. Delete

b. Rename

c. Select all sheet

d. move or copy

jawaban: d

 

Untuk memberi bingkai pada sel, menu yang harus dipilih pada kotak dialog format cells adalah....

a. number

b. alignment

c. borders

d. font

jawaban: c

 

 

Suatu daerah pada worksheet yang berbentuk segi empat dan merupakan tempat kumpulan beberapa sel disebut ….

a. sheet
b. column
c. range
D. gridline

 

2. Tombol manajemen berkas dokumen pada Microsof Office Excel berbentuk bulat dengan logo Office di tengahnya disebut .…

a. Excel Options
b. Office Button
c. Ribbon
d. Tilte Bar

 

3. Salah satu cara menyimpan wordbook pada excel adalah dengan menggunakan ….

a. Ctrl+B
b. Ctrl+P
c. Ctrl+C
d. Ctrl+S

 

4. Berikut ini yang merupakan alamat sel, yaitu .…

a. 84
b. 3F
c. B5
d. BB

 

5. Ikon ā€œsaveā€, ā€œredoā€, dan ā€œundoā€ merupakan bagian menu dari ….

a. Ribbon
b. Office Button
c. Status Bar
d. Quick Access Toolbar

 

6. Untuk mengubah satuan ukuran di dalam Excel, digunakan perintah ….

a. Start–Setting–Control Panel–Regional–

Currency
b. Tools–Options–Print
c. Office Button–Open

d. Office Button–Excel Options

Advanced–Display–Ruler Units

 

7. Ikon ā€œUndoā€ berfungsi ….

a. Dokumen
b. Menyimpan. Mencetak Dokumen
c. Membuka File
d. Membatalkan Pengerjaan

 

8. Ctrl+P adalah shortcut key untuk memunculkan kotak dialog ….

a. Page setup
b. Customize
c. Heater
d. Print

 

9. Fungsi dalam Excel yang digunakan menghitung rata-rata dari sekelompok nilai ….

a. SUM
b. AVERAGE
c. MAX
d. MIN

10. Untuk memindahkan atau menyalin worksheet, menu yang harus dipilih setelah klik kanan pada tab sheet adalah ….

a. Delete
b. Rename
c. Select all sheet
d. Move or copy

 

11. Untuk memberi bingkai pada sel, menu yang harus dipilih pada kotak dialog Format Cells adalah ….

a. Number
b. Alignment
c. Borders
d. Font

12. Menu yang harus dipilih untuk memperlebar atau mempersempit ukuran kolom pada worksheet adalah ….

a. Insert Sheet Column
b. Insert Sheet
c. Borders
D. Column Width

 

13. Untuk menambah garis dalam Excel, perintah yang diklik pada menu Insert adalah ….

a. Insert Cells
b. Insert Sheet Rows
c. Insert Sheet Column
d. Insert Sheet

14. Berikut merupakan tombol yang digunakan dalam memformat teks agar menjadi miring, yaitu ….

a. Ctrl+B
b. Ctrl+I
c. Ctrl+U
d. Ctrl+S

15. Data type pada Ms. Access yang digunakan khusus untuk menampilkan type mata uang adalah ....

a. Number
b. Currency
c. Text
d. OLE Object

 

 

 

Gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva disebut ...
A. Objek
B. Bitmap
C. Vektor
D. Grafis


2. Berikut adalah ciri-ciri citra vektor, kecuali ...
A. Citra vector terlihat pecah saat diperbesar
B. Ukuran file relatif kecil
C. Ukuran file gambar tidak bergantung pada resolusi komputer
D. Kualitas hasil gambar dari tipe vektor tidak bergantung pada resolusi gambar


3. Sebuah tool yang dapat digunakan untuk memanipulasi dua objek atau lebih di Adobe Illustrator disebut ...
A. Crop
B. Expand
C. Brush
D. Pathfinder


4. Tool dalam Pathfinder dibagi dalam dua kelompok yaitu ...
A. Pathfinder dan Navigator
B. Pathfinder dan Layer
C. Basic Modes dan Medium Modes
D. Shapes Modes dan Pathfinder


5. Fungsi Unite, Minus Front, Intersect dan Exclude termasuk dalam Tools  ...
A. Pathfinder
B. Layer
C. Transform
D. Artboard


6. Salah satu fungsi Pathfinder yang berguna untuk menyatukan beberapa objek menjadi satu disebut ...
A. Trim
B. Exclude
C. Intersect
D. Unite

7. Tools pada Pathfinder yang berfungsi untuk memotong bagian yang menempel pada kedua objek yang saling bersentuhan disebut  ...
A. Exclude
B. Unite
C. Divide

D. Trim

8. Jika kita ingin membuat sebuah objek menjadi tiga bagian, maka tools yang dapat digunakan adalah…
A. Unite
B. Divide
C. Merge
D. Exclude

9. Shortcut untuk memblok semua objek pada Adobe Illustrator adalah ...
A. Ctrl + Alt + A
B. Shift + A
C. Shift + Ctrl + A
D. Shift + Alt + A


10. Tool yang digunakan untuk membuat efek gradasi warna adalah ...
A. Stroke Tool
B. Gradient Tool
C. Transform Tool
D. Type Tool 

URAIAN :

 

1.       Apa yang dimaksud dengan Canva?

platform desain grafis online yang memungkinkan pengguna membuat berbagai jenis desain, seperti poster, presentasi, logo, media sosial, dan lainnya

 

2.       Apa fungsi dari canva ?

Fungsi utamanya adalah untuk memudahkan proses desain, baik bagi pengguna yang memiliki pengalaman desain maupun yang baru memulai. Canva juga menyediakan berbagai template, elemen visual, dan fitur kolaborasi online untuk meningkatkan efisiensi dan kreativitas desain. 

 

3.       Terdapat data penjualan di kolom A dari A2 hingga A6, yaitu 150, 200, 300, 250, 100. Jika penjualan lebih dari 250, beri label ā€œSangat Baikā€; jika antara 200 dan 250, beri label ā€œBaikā€; dan jika kurang dari 200, beri label 'Perlu Peningkatan'.

 

Untuk menentukan kategori penjualan, gunakan rumus =IF(A2>250, ā€œSangat Baikā€, IF(A2>=200, ā€œBaikā€, ā€œPerlu Peningkatanā€)) di sel B2.

Dengan rumus di atas, akan didapatkan data 150 = Perlu Peningkatan, 200 = Baik, 300 = Sangat Baik, 250 = Baik, 100 = Perlu Peningkatan.

 

4.       Terdapat data berat badan 10 siswa di kolom B dari B1 hingga B10, yaitu 45, 47, 50, 48, 43, 55, 58, 60, 61, 51. Hitung total berat badan siswa yang lebih dari 55 kg menggunakan rumus Excel.

Jawaban : Untuk mendapatkan jumlah total berat badan siswa yang lebih dari 55 kg, gunakan rumus =SUM(B1:B10, ā€œ>55ā€) pada kolom lain

Dengan rumus di atas, akan didapatkan jumlah berat badan siswa yang lebih dari 55 kg adalah 179 kg

 

5.       Jelaskan perbedaan efek antara Gaussian Blur, Radial Blur dan Smart Blur !

Gaussian Blur : Membuat objek menjadi blur secara keseluruhan.

Radial Blur : Memberikan efek blur pada objek dengan arah melingkar/radial.

Smart Blur : Memberikan efek blur dengan berbagai pengaturan lebih detail.

 

6.       Sebutkan beberapa komponen utama dari Microsoft Excel!

Komponen utama Microsoft Excel antara lain: Worksheet, Workbook, Cell, Row, Column, Formula Bar, Name Box, dan Ribbon

 

7.       Apa fungsi dari SUM di Excel?

Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan nilai atau range sel yang dipilih.

 

8.       Bagaimana cara memformat angka di Excel sebagai mata uang?

Untuk memformat angka sebagai mata uang, pilih sel/range yang diinginkan, lalu klik tab Home > Number group > pilih Accounting Number Format atau Currency.

 

 

 


Comments

Total Pageviews

140,405

Popular Posts