BELAJAR Microsoft Excel KELAS 8

Belajar Microsoft Excel Part 1

Banyak dari kita mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar Microsoft Excel. Aplikasi ini sering digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari siswa, mahasiswa maupun pekerja karena sangat bermanfaat untuk mengolah angka.

Software aplikasi ini biasa dimanfaatkan dalam mengolah data yang membutuhkan perhitungan karena memiliki fitur-fitur khusus baik itu berbentuk formula (rumus) atau fitur pendukung yang lain. Berbeda dengan aplikasi pengolah angka lainnya, MS Excel termasuk aplikasi spreadsheet yang premium atau berbayar. Kita harus membeli lisensi agar dapat menggunakannya secara resmi.

1.Window Title / Judul di tampilkan dibagian atas, berisi nama workbook yang sedang aktif.
2.Ribbon Tab berisi tab-tab menu yang disediakan pada aplikasi Microsoft Office Excel, seperti Home, Insert, Page Layout dan lain-lain.
3.Ribbon Group berisi button atau tombol yang di kelompokkan (group) sesuai ribbon tabnya.
4.Formula Bar bagian kiri adalah NameBox digunakan untuk menampilkan nama sel atau range. di sebelah kanan berisi kotak untuk memasukkan rumus-rumus excel ataupun untuk menampilkan isi dari sebuah sel.
5.Column Header menampilkan nama-nama kolom dari A – XFD (total 16384 kolom).
6.Row Number menampilkan nama baris (Row) pada Excel di mulai dari 1 – 1048576.
7.Sel Pointer posisi sel yang sedang aktif.
8. Tab Sheet lembar kerja di Microsoft Excel, defaultnya adalah 3 Sheet.
9. Vertical Scroll Bar dan Horizontal Scroll Bar


Pada versi PC atau laptop, Microsoft Excel tersedia untuk sistem operasi Windows dan macOS. Sedangkan di versi HP, aplikasi ini tersedia untuk Android dan iPhone namun dengan fitur yang tidak selengkap versi PC-nya. Untuk versi HP, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis.

<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

BAHAN KETIKAN DI EXCEL

PERTEMUAN 2

BELAJAR MEMBUAT TABEL SEDERHANA DI EXCEL 



MENU :

KLIK KUMPULKAN UNTUK HASIL 

CEK HASIL 


<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

PERTEMUAN KE 3

MEMBUAT TABEL DENGAN TEHNIK MERGE CENTER  DAN MEMBUAT RUMUS PENJUMLAHAN DI EXCEL .

Merge Center adalah tehnik untuk menggabungkan beberapa sell dalam membuat sebuah tabel. Pada bagian tombol Merge dan Center ( perhatikan yang diberi tanda panah ) terlihat tombol tersebut dalam keadaan aktif, yang berarti pada sel terpilih sudah diterapkan fungsi penggabungan sel (merge cells).



Untuk menggabungkan beberapa sel pada Excel, caranya adalah:

Blok atau pilih beberapa sel yang ingin di gabungkan misal sel A1 dan G1.

Kemudian klik tombol Merge dan Center.

Maka sel yang telah di pilih akan menjadi satu sel.

Dan jika ingin mengembalikan menjadi beberapa sel lagi, maka tinggal klik sekali lagi pada tombol Merge & Center.

RUMUS PENJUMLAHAN : 

=SUM(A1:A5) untuk menjumlahkan angka dalam sel A1 hingga A5

=SUM(A1, C1, E1, G1) untuk menjumlahkan angka dalam rentang sel yang tidak berurutan

=SUM(A1:A5, C1:C5, E1:E5) untuk menjumlahkan dalam beberapa baris atau kolom

=SUM(IF(A1:A10>5, A1:A10, 0)) untuk menjumlahkan hanya nilai-nilai tertentu yang memenuhi kriteria tertentu


BAHAN YANG AKAN DIKERJAKAN 


TOMBOL MENU : 

KLIK KUMPULKAN 


<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>><<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>><<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

PERTEMUAN KE 4

Materi kali ini adalah kita akan membuat tehnik Curency , yaitu penggunaaan logo mata uang. dan rumus perkalian . seperti biasa dalam setiap membuat rumus dalam excel harus diawali dengan tanda (  = ). Kali ini kita akan membuat rumus perkalian 
Contoh Rumus perkalian di excel : 
= A3*A4
Logo kali dalam excel adalah (*) di keyboard gunkan tekan tombol shift lalu angka delapan. 
 
Ketentuan :
Judul Jenis huruf Calibri ukuran 14 (bold), Judul Setiap kotak ukuran 12 di Bold (times new roman ) dan untuk Isi Jenis huruf times new roman ukuran 12..
Cari Jumlah tiap barang dengan rumus =sum  dan cari untung penjualan .
TAMPILAN KESELURUHAN 

TAMPILAN DIPERBESAR 


TOMBOL MENU : KLIK KUMPULKAN 
                               CEK HASIL 
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<><>>>><><><><><>>>>>>>>>>>>
___________________________________________________________________________________________
___________________________________________________________________________________________
_____________________________________________________________________

 KISI-KISI SOAL TENTANG MICROSOFT EXCEL

1. Suatu daerah pada worksheet yang berbentuk segi empat dan merupakan tempat kumpulan beberapa sel disebut ….

a. sheet
b. column
c. range
D. gridline

 

2. Tombol manajemen berkas dokumen pada Microsof Office Excel berbentuk bulat dengan logo Office di tengahnya disebut .…

a. Excel Options
b. Office Button
c. Ribbon
d. Tilte Bar


3. Salah satu cara menyimpan wordbook pada excel adalah dengan menggunakan ….

a. Ctrl+B
b. Ctrl+P
c. Ctrl+C
d. Ctrl+S


4. Berikut ini yang merupakan alamat sel, yaitu .…

a. 84
b. 3F
c. B5
d. BB

5. Ikon ā€œsaveā€, ā€œredoā€, dan ā€œundoā€ merupakan bagian menu dari ….

a. Ribbon
b. Office Button
c. Status Bar
d. Quick Access Toolbar

6. Untuk mengubah satuan ukuran di dalam Excel, digunakan perintah ….

a. Start–Setting–Control Panel–Regional–

Currency
b. Tools–Options–Print
c. Office Button–Open

d. Office Button–Excel Options

Advanced–Display–Ruler Units

 

7. Ikon ā€œUndoā€ berfungsi ….

a. Dokumen
b. Menyimpan. Mencetak Dokumen
c. Membuka File
d. Membatalkan Pengerjaan

 

8. Ctrl+P adalah shortcut key untuk memunculkan kotak dialog ….

a. Page setup
b. Customize
c. Heater
d. Print

 

9. Fungsi dalam Excel yang digunakan menghitung rata-rata dari sekelompok nilai ….

a. SUM
b. AVERAGE
c. MAX
d. MIN

10. Untuk memindahkan atau menyalin worksheet, menu yang harus dipilih setelah klik kanan pada tab sheet adalah ….

a. Delete
b. Rename
c. Select all sheet
d. Move or copy


11. Untuk memberi bingkai pada sel, menu yang harus dipilih pada kotak dialog Format Cells adalah ….

a. Number
b. Alignment
c. Borders
d. Font

12. Menu yang harus dipilih untuk memperlebar atau mempersempit ukuran kolom pada worksheet adalah ….

a. Insert Sheet Column
b. Insert Sheet
c. Borders
D. Column Width


13. Untuk menambah garis dalam Excel, perintah yang diklik pada menu Insert adalah ….

a. Insert Cells
b. Insert Sheet Rows
c. Insert Sheet Column
d. Insert Sheet

14. Berikut merupakan tombol yang digunakan dalam memformat teks agar menjadi miring, yaitu ….

a. Ctrl+B
b. Ctrl+I
c. Ctrl+U
d. Ctrl+S

15. Data type pada Ms. Access yang digunakan khusus untuk menampilkan type mata uang adalah ....

a. Number
b. Currency
c. Text
d. OLE Object

Shortcut untuk menyimpan workbook pada excel adalah....
a. Ctrl+B
b. Ctrl+P
c. Ctrl+C
d. Ctrl+S
jawaban: d
 
 Formula dalam Ms Excel yang digunakan untuk menghitung rata-rata dari suatu data adalah....
a. SUM
b. MAX
c. AVERAGE
d. MIN
jawaban: c
 
Fungsi utama program microsoft excel adalah suatu aplikasi yang berfungsi untuk....
a. mengolah kata
b. mengolah angka
c. mengelola dokumen
d. berkomunikasi
jawaban: b
 
Berikut merupakan shortcut yang digunakan dalam memformat teks agar menjadi miring, yaitu....
a. Ctrl+B
b. Ctrl+I
c. Ctrl+U
d. Ctrl+S
jawaban: b
 
Untuk menambah garis dalam excel, perintah yang diklik pada menu Insert adalah....
a. Insert Cells
b. Insert Sheet Rows
c. Insert Sheet Column
d. Insert Sheet
jawaban: b
 
Untuk memindahkan atau menyalin worksheet, menu yang harus dipilih setelah klik kanan pada tab sheet adalah....
a. Delete
b. Rename
c. Select all sheet
d. move or copy
jawaban: d
 
Untuk memberi bingkai pada sel, menu yang harus dipilih pada kotak dialog format cells adalah....
a. number
b. alignment
c. borders
d. font
jawaban: c

 

SOAL-SOAL URAIAN MATERI TENTANG MICROSOFT EXCEL 

1. Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan perhitungan, membuat grafik, menyusun data dalam bentuk tabel, dan banyak fungsi lainnya.

 

2. Sebutkan beberapa komponen utama dari Microsoft Excel!

Komponen utama Microsoft Excel antara lain: Worksheet, Workbook, Cell, Row, Column, Formula Bar, Name Box, dan Ribbon.

 

3. Apa yang dimaksud dengan Cell Range?

Cell Range adalah kumpulan sel yang diseleksi secara berurutan dalam satu worksheet. Contohnya A1:D10 yang berarti range dari sel A1 hingga D10.

 

4. Jelaskan cara mengcopy data di Excel!

Untuk mengcopy data di Excel, kita bisa memilih sel/range terlebih dahulu, lalu tekan tombol Ctrl+C atau klik kanan dan pilih Copy. Setelah itu, pindah ke lokasi tujuan dan tekan Ctrl+V atau klik kanan dan pilih Paste.

 

5. Bagaimana cara memformat angka di Excel sebagai mata uang?

Untuk memformat angka sebagai mata uang, pilih sel/range yang diinginkan, lalu klik tab Home > Number group > pilih Accounting Number Format atau Currency.

 

6. Apa fungsi dari SUM di Excel?

Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan nilai atau range sel yang dipilih.

 

7 Bagaimana cara menyembunyikan baris atau kolom di Excel?

Untuk menyembunyikan baris, pilih baris lalu klik kanan > Hide. Untuk menyembunyikan kolom, pilih kolom lalu klik kanan > Hide.

 

8. Bagaimana cara menggabungkan dua atau lebih sel di Excel?

Untuk menggabungkan sel, pilih terlebih dahulu range sel yang ingin digabungkan, lalu klik tab Home > Alignment group > pilih Merge & Center atau Merge Across.

 

9. Jelaskan cara menyisipkan gambar di dalam sel Excel!

Untuk menyisipkan gambar, pilih sel tempat gambar akan disisipkan, lalu klik Insert > Pictures > pilih gambar yang diinginkan.

 

10. Bagaimana cara mengunci sel di Excel agar tidak bisa diubah?

Untuk mengunci sel, pilih sel yang ingin dikunci, lalu klik Home > Format > Format Cells > Protection tab > checklist Locked.

 

11. Terdapat daftar nilai 10 murid kelas 6 yang disusun berurutan pada kolom A Excel. Nilai tersebut adalah 80 + 77 + 60 + 75 + 83 + 90 + 92 + 87 + 99 + 100. Jumlahkan 10 nilai tersebut menggunakan rumus excel.

Jawaban:

Untuk menjumlahkan nilai-nilai di atas, gunakan rumus SUM. Tulis rumus SUM pada sebuah kolom, =SUM(A1:A10)

Dengan rumus di atas, akan didapatkan jumlah keseluruhan nilai adalah 843.

 

12. Terdapat data penjualan di kolom A dari A2 hingga A6, yaitu 150, 200, 300, 250, 100. Hitung rata-rata dari data penjualan tersebut menggunakan rumus Excel.

Jawaban:

Untuk mencari rata-rata data penjualan, gunakan rumus AVERAGE. Tulis rumus =AVERAGE(A2:A6) pada kolom lain.

 

13. Bagaimana cara menyisipkan baris baru di Excel diantara data yang sudah ada?

Untuk menyisipkan baris baru, pilih baris di bawah lokasi yang diinginkan, lalu klik kanan dan pilih Insert

 

14.  Bagaimana cara membagi satu sel menjadi beberapa baris di Excel?

Untuk membagi sel menjadi multi-baris, pilih sel yang ingin dibagi, klik tab Home > Alignment group > pilih Wrap Text.

.

15. Jelaskan fungsi SUMIF di Excel dan berikan contoh penggunaannya!

Fungsi SUMIF digunakan untuk menjumlahkan nilai dalam rentang sel yang memenuhi kriteria tertentu.

Contoh =SUMIF(A1:A10, ">20", B1:B10) akan menjumlahkan nilai dari rentang B1:B10 hanya untuk sel di A1:A10 yang nilainya lebih dari 20.

_______________________________<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>_________________________
_______________________________________________________________________________

<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>><>>>><>><><>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

PERTEMUAN 5

Dalam pertemuan ke 5 ini kita akan masuk kepada materi penggunaan 
SUM
SUMIF
SUMIFS
 Apa yang menjadi perbedaan dari ketiga tersebut silahkan simak video yang sudah saya sediakan dibawah ini, jadi seandainya kamu susah untuk menangkapnnya dan lupa kelak dikemudian hari kamu dapat membuka video ini kembali , jadi jangan khawatir.

Klik Video . : VIDEO MATERI 

BAHAN KETIKAN 

TOMBOL MENU : 
                                        KLIK KUMPULKAN 
                                        CEK HASIL

_______________________________________________________________________
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

PERTEMUAN 6

JAM PENDEK 

SAYA BANTU MENGETIK SEBAGIAN : DOWNLOAD BAHAN 


POTONGAN TAMPILAN DIPERBESAR 




TOMBOL MENU : 


.....................................................................................................
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>
.........................................
..................................................................

PERTEMUAN 7 

FUNGSI IF 
VIDEO MATERI PENGUNAAN FUNGSI IF 

BAHAN PRAKTER MANDIRI DIRI SENDIRI 
FOTO
Download Bahannya (sebagian sudah saya Ketik)
FOTO LENGKPANYA 

BAHAN CONTOH 2 





CEK HASIL 
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
PERTEMUAN 8
Buka Halaman 117 
Nanti kira-kira seperti ini langkah-langkah yang akan kita lakukan 


 mencetak hasil desain kita dengan tinta dan kertas khusus ( Tinta Sublim)






Setelah itu hasilnya akan kita press
hasil tinta sublim kita transfer ke baju .








Sekarang kita akan mencoba mendesain baju kita Menggunakan Aplikasi Desain Adobe Ilustrator Kira Kira Seperti ini gambar hasilnya. 
Kenapa kita membawa handphone tujuannya adalah memasukkan foto kita masing-masing nanti didalam desain baju . (wajib foto diri sendiri ) Untuk hapus backround boleh menggunakan Remove BG .
Untuk Fotonya boleh di edit misalnya menjadi nuansa kartun atau gibly dan lain-lain
Untuk ukuran cetak kertas injeknya nanti menggunakan kertas A4. 


CONTOH BEBERAPA INSPIRASI DESAIN DALAM UKURAN KERTAS A4





Comments

Total Pageviews

127,870

Popular Posts