Present Tense




Present Tense




Kegunaan : 1. Untuk menerangkan sesuatu yang bersifat ‘kebenaran umum’. Contoh :
Matahari terbit di Timur.
Air mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah.
Bunga matahari selalu mengarah ke matahari.
2. Untuk menerangkan ‘kebiasaan’. Contoh :
Saya pergi ke kantor jam 7 pagi.
Saya mengunjungi relasi setiap hari Senin dan Kamis.
Yuli mencuci bajunya setiap hari Sabtu pagi.
Struktur :
Subyek + Verb1 (tambah s, es, atau ies) + Obyek

– (Saya membaca surat kabar setiap hari) ->I read newspaper everyday.
– (Kamu membaca surat kabar setiap hari) -> You read newspaper everyday.
– (Kami membaca surat kabar setiap hari) -> We read newspaper everyday.
– (Mereka membaca surat kabar setiap hari) -> They read newspaper everyday.
– (Dia membaca surat kabar setiap hari) -> She reads newspaper everyday.
– (Dia membaca surat kabar setiap hari -> He reads newspaper everyday.
– (Saat ini bersalju di Alaska) -> It snows in Alaska now.
Catatan.
- Untuk He, She, It bentuk kata kerjanya ditambah huruf s, es, atau ies.
- Mengenai kapan menggunakan s, es, atau ies sebagai berikut.
– walk -> walks
– read -> reads
– buy -> buys
– catch -> catches
– watches -> watches
– try -> tries
– fly -> flies
Contoh Soal
Silakan anda jawab dengan cara bersuara keras atau anda tulis di kertas, nanti silakan anda cocokkan dengan kunci jawaban.
1. (Saya mencuci baju seragam Saya setiap pagi) -> I wash my uniform everyday.
2. Saya membersihkan kamar Saya setiap hari -> ………………………………………………………….
3. Kami pergi kampus jam 9 pagi setiap hari -> ………………………………………………………….
4. Kamu membaca buku sejarah setiap sore. -> ………………………………………………………….
5. Santi menulis Surat untuk Toni -> ………………………………………………………….
6 Kepala Sekolah mengunjungi semua kelas setiap pagi. -> ………………………………………………
7. Andi mencuci mobilnya setiap pagi -> …………………………………………………………
8. Saya memasak nasi goreng setiap hari Sabtu -> …………………………………………………………



Comments

Total Pageviews

Popular Posts